Indonesia Ford Fiesta Community (Infinity).(Febri Ardani/KompasOtomotif)
Indonesia Ford Fiesta Community (Infinity).(Febri Ardani/KompasOtomotif) ( KOMPAS.COM)

Modul ABS Ford Fiesta Bermasalah, Ini Untuk Penyebabnya

23 Oktober 2023 19:56 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Membeli mobil bekas merupakan alternatif jika modal terbatas. Salah satu mobil yang bisa dilirik ialah Ford Fiesta, tampilannya masih menarik dan saat ini punya harga cukup terjangkau.

Biasanya semakin tua tahun produksinya, maka harga unit yang dibanderol semakin murah. Pantauan Kompas.com di sejumlah bursa mobil bekas daring, harga Ford Fiesta bekas berkisar dari Rp 80 juta sampai Rp 100 jutaan.

Ferry Bontot, pemilik bengkel spesialis Ford Auto Solution (FAS) di Cirendeu, Tangerang Selatan, mengatakan, bicara Fiesta ada tiga masalah yang terjadi yaitu transmisi matik dual clutch, modul TCM dan modul ABS.

Mantan teknisi salah satu diler resmi Ford di era Ford Motor Indonesia (FMI) itu mengatakan, untuk modul ABS saat ini yang datang ke bengkel dan kemudian bermasalah disebabkan karena usia komponen.

"Sudah mulai banyak (ditemukan masalah) karena usia komponen. Soalnya di tipe lain tidak bermasalah untuk modul ABS," ujar Ferry yang ditemui Kompas.com, pekan lalu.

Ferry menganalisis mengapa umur modul ABS di Fiesta tidak setangguh model lain.

"Mungkin karena ada penambahan fitur di modul ABS itu sendiri. Karena di fitur itu ada fitur traction control di situ, hill assist di situ jadi satu dengan modul ABS," ujar Ferry.

"Jadi begini menurut saya satu modul difungsikan untuk banyak macam itu biasanya cepat rusak. Kalau dulu kan seperti Everest, Ranger tipe lama, Escape, itu modul ABS cuma untuk modul ABS saja," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Modul ABS Ford Fiesta Bermasalah, Ini Penyebabnya", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/23/120100415/modul-abs-ford-fiesta-bermasalah-ini-penyebabnya.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm