ilustrasi aki motor berjenis maintenance free, menggunakan pelat-pelat di bagian dalam(Kompas.com/Daafa Alhaqqy)
ilustrasi aki motor berjenis maintenance free, menggunakan pelat-pelat di bagian dalam(Kompas.com/Daafa Alhaqqy) ( KOMPAS.COM)

Tanda Aki Motor Matik Mulai Soak dan Perlu Segera Diganti

23 Oktober 2023 20:04 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Aki pada motor matik, baik yang menggunakan karburator maupun injeksi merupakan komponen penting dalam sistem kelistrikan. Sehingga jika tidak diperhatikan kondisinya akan mengalami aki soak.

Terdapat beberapa tanda aki motor sudah soak dan perlu segera diganti, agar menjaga kinerjanya, serta menghindari masalah yang lebih serius. Salah satu tanda yang paling umum terjadi adalah susah di starter.

Andre, mekanik Part Station Wonogiri mengatakan, aki soak pada motor matik karburator dan injeksi biasanya ditandai dengan adanya gangguan pada kelistrikannya.

“Kebanyakan yang terjadi saat aki soak pada motor matik karbu dan injeksi adalah enggak kuatnya starter, dan biasanya kelistrikannya terganggu,” ungkap Andre kepada Kompas.com Minggu (22/10/2023).

Selain itu, Andre juga mengatakan, bila terjadi masalah pada kelistrikannya klakson tidak mau bunyi dan lampu pada motor mulai redup.

Jika sudah mengalami tanda-tanda tersebut, pemilik motor sebaiknya segera membawa kendaraan ke bengkel dan mengganti aki dengan yang baru.

Sementara itu, Wahyudin Kepala Mekanik Bengkel AHASS Daya Adicipta Motora (DAM) mengatakan, terdapat cara menjaga umur aki motor matik agar tidak cepat soak.

Untuk motor matik yang masih dilengkapi dengan kick starter atau sistem engkol, sebaiknya setiap pagi ketika akan dihidupkan jangan memakai electric starter namun di engkol.

“Kunci kontak off, selah dulu tiga hingga lima kali supaya mesin ada fiksi awal agar pelumas bergerak. Kemudian kunci kontak on, hidupkan dengan kick starter,” ungkap Wahyudi kepada Kompas.com belum lama ini.

“Teknik ini bagus dilakukan buat menjaga umur aki supaya pada pagi hari aki tidak kaget disuruh langsung kerja muterin mesin lewat elektric starter,” kata Wahyudi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tanda Aki Motor Matik Mulai Soak dan Harus Diganti", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/23/121200215/tanda-aki-motor-matik-mulai-soak-dan-harus-diganti.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm