Ilustrasi pengisian radiator coolant alias air radiator untuk mendinginkan mesin mobil(Freepik/Senivpetro)
Ilustrasi pengisian radiator coolant alias air radiator untuk mendinginkan mesin mobil(Freepik/Senivpetro) ( KOMPAS.COM)

Bahaya Asal Ganti Coolant Mobil Tanpa Mengerti Untuk Tahapannya

23 Oktober 2023 21:58 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Penggantian coolant atau cairan radiator tidak boleh dilakukan sembarangan. Hal ini penting diperhatikan karena ada tahapan-tahapan yang tidak boleh terlupakan.

Demi menjaga kemampuan sistem pendingin mesin, coolant wajib diganti secara rutin dengan menguras total. Setelah itu, diharapkan perlindungan mesin tetap terjaga dan suhu kerja tetap stabil.

Ketika mengganti coolant, ada satu tahapan yang kerap terlupakan dan justru menjadi hal berbahaya.

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan, saat mengganti coolant pada mobil harus dilakukan oleh teknisi yang sudah ahli agar tidak terjadi masalah lebih besar.

“Harapan dilakukan penggantian coolant kan menjaga performa mesin, jadi jangan sampai setelah ganti coolant malah mesin bermasalah, seperti turun mesin akibat overheat, itu disayangkan,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Senin (23/10/2023).

Pria yang mendirikan bengkel Spesialis Nissan & Datsun di Mlati, Sleman, Yogyakarta ini mengatakan, penggantian coolant sebenarnya cukup sederhana karena tinggal membuang yang bekas dan diganti baru.

Hanya saja, untuk mendapatkan hasil maksimal, diperlukan prosedur khusus yakni flushing yang dilakukan oleh ahlinya.

“Selain metode flushing harus benar, formula coolant juga harus pas tidak terlalu pekat atau encer, demi hasil pendinginan yang baik dan jangan lupa untuk mengeluarkan sisa gelembung udara,” ucap Hardi.

Hardi mengatakan, pembuangan gelembung udara kerap terlewatkan karena menjadi tahapan akhir setelah coolant diganti.

“Padahal ketika ada gelembung udara yang terperangkap dan ikut bersirkulasi di dalam saluran coolant, akan membuat pendinginan tidak optimal bahkan bisa menjadi pemicu terjadinya overheat,” ucap Hardi.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm