Menkeu Sri Mulyani Indrawati bersama Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (23/10/2023)
Menkeu Sri Mulyani Indrawati bersama Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (23/10/2023) ( Dok. Sekretariat Presiden )

Nilai Tukar Rupiah Terus Melemah, Menkeu Laporkan ke Jokowi

24 Oktober 2023 10:37 WIB

SonoraBangka.ID - Menteri Keuangan (MenkeuSri Mulyani Indrawati bersama Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (23/10/2023).

Dalam kesempatan itu, Menkeu dan KSSK melaporkan soal perkembangan nilai tukar rupiah terhadap Dollar Amerika Serikat (AS) yang kian melemah akhir-akhir ini.

Menurut Sri Mulyani, situasi global ikut memengaruhi tekanan pada rupiah. Salah satunya kondisi suku bunga acuan AS yang kemungkinan masih akan terus naik.

"Kita semua tahu fenomena global saat ini dengan AS yang menghadapi inflasi yang cukup tertahan tinggi dan kondisi ekonomi yang cukup kuat. Mereka kemudian mengeluarkan signal," ujar Sri Mulyani pada Senin.

"Atau paling tidak dibaca market bahwa higher for longer itu akan terjadi. Dan ini yang sebabkan banyak capital flowing back to Amerika Serikat," lanjutnya.

Sri Mulyani juga menyebut bahwa kondisi Dollar AS kuat secara global. Sehingga, pemerintah sedang mempersiapkan kebijakan untuk menghadapi situasi ini.

Kebijakan yang disiapkan nantinya akan menyasar nilai tukar rupiah terhadap Dollar, inflasi maupun untuk sektor riil.

"Kita harus sinkronkan kebijakan moneter dan fiskal agar dalam situasi di mana pemicunya adalah negara seperti AS dampaknya ke ekonomi bisa kita mitigasi dan diminimalkan," tutur Sri Mulyani.

"Baik terhadap nilai tukar, inflasi maupun terhadap pertumbuhan ekonomi dan stabilitas sistem keuangan. Itu yang terus kita lakukan," tambahnya.

Diberitakan, baru-baru ini tren pelemahan nilai tukar rupiah terhadap Dolar AS terus terjadi.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm