5 Asosiasi Profesi Gelar Joint Convention Pangkalpinang
5 Asosiasi Profesi Gelar Joint Convention Pangkalpinang ( JCP 2023)

5 Asosiasi Profesi Gelar Joint Convention Pangkalpinang

24 Oktober 2023 18:45 WIB

SONORABANGKA.ID - Penjabat Gubernur Bangka Belitung (Babel), Suganda Pandapotan membuka kegiatan Joint Convention Pangkalpinang (JCP) 2023 dengan Tema "Energy Transitions and Minerals for Environmental Sustainability of Indonesia’s Natural Resources", yang diikuti sebanyak 1.000 peserta dari seluruh Indonesia, di Ballroom Hotel Novotel Kota Pangkalpinang, Selasa (24/10/23).

Pj Gubernur Babel, Suganda Pandapotan mengapresiasi diselenggarakannya Joint Convention Pangkalpinang (JCP) 2023 oleh lima asosiasi profesi yakni Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI), Ikatan Ahli Fasilitas Produksi Minyak dan Gas Bumi Indonesia (IAFMI), Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI), Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia (IATMI) dan Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (PERHAPI).

"Saya merasa terhormat atas terpilihnya Babel sebagai tempat penyelenggaraan suatu event konvensi dan konferensi para profesional Indonesia di bidang geologi pertambangan minyak dan gas, serta disiplin ilmu relevan lainnya yang bertajuk JCP 2023 ini," ungkap Suganda.

Menurutnya, tema yang diusung sangat tepat dan relevan, atas isu aktual terkait dengan energi lingkungan dan tata kelola mineral baik secara nasional maupun global. Sebagaimana kita ketahui bersama, transisi energi merupakan agenda nasional dan global yang sedang dilakukan Indonesia sebagai upaya menjaga ketahanan energi dan mewujudkan ekonomi hijau di Indonesia guna mencapai target Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060.

"Selamat berkompetensi dan berkonferensi untuk menghasilkan pemikiran dan aksi nyata untuk kesejahteraan bangsa dan rakyat Indonesia," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Panita Join Convention Pangkalpinang, Achmad Albani menuturkan ada bebepa topik yang menjadi pokok bahasan pada Join Conventiom Pangkalpinang yakni khusunya transisi energi untuk mengurangi ketergantungan terhadap energi karbon, fosil dan minyak bumi. Serta perencanaan dan hilirisasi.

"Babel memiliki potensi dari segi energi seperti timah, dan harapannya melalui kegiatan ini Pangkalpinang bisa jadi tuan rumah even nasional dan selanjutnya," kata Achmad Albani.

Ia menambahkan, dalam pengelolaan sumber daya Bumi, perusahaan terus bekerjasama dengan dinas pertambangan sesuai dengan program reklamasi yang telah disepakati demgan pemerintah daerah.

"Semoga dengan Joint Convention Pangkalpinang dengan peserta 1.000 yang datang di Kota Pangkalpinang ini bisa memberikan kontribusi untuk ekonomi pangkalpinang," ucap Achmad

Juga disampaikan, Perwakilam Ketua Asosiasi Profesi Mr. Muhammad Burhannudinur mengungkapkan organusasi profesi selalu bergotongroyong dalam menyikapi, membantu dari program pemerintahan terutama bidang mineral, dan Sumber Daya bumi.

"Rangkaian kegiatan ini menjadi titik temu untuk bersama-sama saling bantu mengelolah sumber daya alam, sehingga perlu sumber daya manusia, teknologi, modal dan kebijakan yang saling dukung," ucapnya.

Dia berharap melalui kegiatan ini stakholder terkait bisa berusaha merumuskan permasalahan yang terjadi, terutama greend energi bisa berjalan dengan baik dan tumbuh

"Harapan baiknya kita ingin melalui pameran juga masyarakat bisa mengenal dan paham apa saja yang ada dari asosiasi profesi dan stakholder lainnya dan juga kita ingin kedepan ada universitas mempunyai prodi energi, mineral dan sebagainya," pungkasnya.

PenulisZulhaidir
EditorZulhaidir
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm