Ilustrasi teflon kemarik.
Ilustrasi teflon kemarik. ( DOK.SHUTTERSTOCK/Andi WG)

Berikut Ini 4 Tips Masak dengan Teflon Keramik Antilengket

25 Oktober 2023 15:54 WIB

SonoraBangka.id - Ada banyak sekali jenis teflon antilengket, terutama berdasarkan bahan membuat atau pelapisnya. Salah satu jenis teflon yang bisa kamu temui di toko peralatan masak adalah teflon keramik.

Dilansir dari laman Tasting Table, teflon atau panci antilengket keramik dibuat dengan menggunakan kandungan sol-gel yang tidak beracun dan bahan anorganik lainnya.

Lapisan tersebut yang membuat teflon kemarin antilengket secara alami. Telfon atau peralatan masak berbahan keramik bisa bertahan selama tiga sampai lima tahun, jika dirawat dengan baik. Oleh karena itu, ikuti tips merawat teflon kemarin antilengket berikut ini. 

1. Cara cuci teflon antilengket

Masih dalam laman Tasting Table yang sama, teflon atau panci keramik sebaiknya dicuci dengan menggunakan spons atau kain lembut agar kotoran dan partikel debunya hilang tanpa merusak lapisannya. Ada baiknya untuk tidak menggunakan mesin pencuci piring karena ditakutkan bisa merusak lapisan sensitifnya.

2. Bumbui teflon keramik sebelum digunakan untuk memasak

Tuang dan lumuri sekitar satu sendok makan minyak di permukaan teflon keramik. Kamu bisa menggunakan jenis minyak seperti, minyak sayur atau minyak canola. Cara membumbui teflon antilengket, mulailah dengan api kecil kemudian tuang minyak secukupnya, panaskan secara perlahan. Kalau minyak sudah mulai berasap, angkat dari api dan biarkan hingga menjadi dingin. Usap permukaannya dengan sisa minyak dengan tisu dapur.

3. Hindari menggunakan peralatan masak berbahan logam

Jangan pernah menggunakan peralatan masak berbahan logam saat memasak dengan teflon keramik. Sebaiknya, gunakan spatula silikon agar tidak menggores lapisan permukaan teflon. Peralatan logam memiliki sifat yang padat dan tajam sehingga bisa merusak lapisan antilengket. Sehingga, peralatan tersebut bisa menggores permukaan wajan.

4. Suhu tinggi bisa merusak lapisan antilengket

Suhu panas rendah atau sedang sangat disarankan saat memasak panci antilengket berbahan keramik. Hindari menggunakan suhu tinggi karena bisa menyebabkan makanan lengket karena reaksi termokapiler. SUhu panas tinggi juga bisa membuat lapisan antilengket yang ada di wajan, secara bertahap.

5. Hilangkan noda makanan menempel dengan soda kue

Dilansir dari laman The Spruce, jika permukaan teflon keramik antilengket memiliki noda sisa makanan yang menempel. Gunakan air sabun yang dicampurkan dengan soda kue. Gunakan air sabun dengan air hangat agar lebih efektif menghilangkan noda. Biarkan dan tunggu selama 30 menit. Celupkan spons basah dan gosok secara perlahan hingga noda membandel hilang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Tips Masak dengan Teflon Keramik Antilengket, Biar Awet hingga 5 Tahun", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/25/121700875/4-tips-masak-dengan-teflon-keramik-antilengket-biar-awet-hingga-5-tahun?page=all#page2.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm