Biar tetap nyaman maka AC mobil juga perlu servis rutin sehingga siapapun yang berada di kabin akan betah.(KOMPAS.com/Gilang)
Biar tetap nyaman maka AC mobil juga perlu servis rutin sehingga siapapun yang berada di kabin akan betah.(KOMPAS.com/Gilang) ( KOMPAS.COM)

Ada Perbedaan antara AC Mobil Listrik dengan Mobil Biasa

25 Oktober 2023 21:50 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Saat ini fitur air conditioner (AC) atau penyejuk udara menjadi keharusan. Suhu udara di luar yang semakin panas membuat fitur penyejuk ruangan menjadi faktor penting ketika mengemudi.

Rastomo Yudho Hermawan, Kepala Cabang Bengkel Resmi AC Denso, PT Kikijaya Airconindo di Radio Dalam, Jakarta Selatan, mengatakan, ada perbedaan antara AC mobil pengerak konvensional dan AC pada mobil hybrid serta listrik.

"Secara prinsip kerja mobil hybrid dan listrik sama dengan AC pada mobil umumnya, yang berbeda ialah oli dan refrigerantnya atau freonnya," kata Yudho panggilannya kepada Kompas.com, Selasa (24/10/2023).

Selain itu, Yudho menjelaskan, perbedaan AC mobil hybrid dan listrik dengan AC mobil biasa terletak pada kompresor.

"Kompresor penggerak dan listrik bukan digerakkan V Belt mesin. All hybrid dan EV," ujar Yudho.

"Kompresor elektrik olinya beda spek sama kompresor biasa. Olinya masih impor dari Jepang  dan harganya Rp 1,2 juta per 50 ml, sedangkan freonnya tipe 123 YF," ujarnya.

Untuk itu, agar tetap nyaman maka pemilik perlu servis rutin. Perawatan AC jangan cuma dilakukan saat servis berkala atau datang ke bengkel ketika sudah menemukan permasalahan.

"Alat ceknya AC juga khusus tidak bercampur sama oli AC mobil biasa," ujar Yudho.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ada Perbedaan antara AC Mobil Listrik dan Mobil Biasa", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/25/094200815/ada-perbedaan-antara-ac-mobil-listrik-dan-mobil-biasa.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm