Master Radiator Coolant(ist)
Master Radiator Coolant(ist) ( KOMPAS.COM)

Dampak Buruk Mobil Tidak Pernah Ganti Coolant

25 Oktober 2023 21:58 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Coolant merupakan cairan khusus yang digunakan oleh pabrikan otomotif untuk menjaga suhu kerja mesin. Cairan ini mengalir secara terus menerus selama mesin bekerja.

Seiring pemakaian, konsentrasi coolant bisa berubah sehingga keunggulan karakternya sebagai cairan pendingin mesin akan hilang secara perlahan.

Maka dari itu, supaya kemampuan coolant tetap sama seperti kondisi barunya penggantian wajib dilakukan secara berkala sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan jika mobil tidak pernah diganti coolant maka dampaknya seperti menggunakan air biasa sebagai cairan radiator.

“Air radiator bisa berubah karakternya menjadi kecoklatan akibat kontaminasi korosi yang terjadi, ini bila sampai coolant tidak pernah diganti, tapi jika terlambat saja tidak akan seperti itu,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Minggu (22/10/2023).

Pria yang mendirikan bengkel Spesialis Nissan & Datsun di Mlati, Sleman, Yogyakarta ini mengatakan kemampuan coolant seperti anti karat, pembersih, anti beku dan anti didih akan menurun.

Hal itu menurut Hardi akan berpengaruh pada keawetan komponen mobil dalam jangka panjang. Sehingga, dampak tidak pernah mengganti coolant tidak akan langsung terasa sebagaimana tidak pernah ganti oli.

“Akan terasa dampaknya ketika radiator mulai pampat akibat kotoran, suhu mesin mudah naik saat digeber, hal ini bisa saja terjadi akibat pemindahan panas pada sistem pendingin terganggu oleh kotoran,” ucap Hardi.

Beberapa komponen yang terbuat dari besi juga bisa mengalami keausan seperti pompa air. Padahal air radiator yang tidak terpompa dengan baik tidak akan mengalir secara efisien dampaknya mesin akan cepat panas.

Menurut Hardi ada banyak dampak negatif dari coolant yang tidak pernah diganti, karena itu sama saja tidak ada formula khusus pada cairan pendingin mesin sebagaimana mobil-mobil baru pada umumnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Efek Buruk Mobil Tidak Pernah Ganti Coolant", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/25/101200215/efek-buruk-mobil-tidak-pernah-ganti-coolant.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm