Ilustrasi mangut ikan tongkol.
Ilustrasi mangut ikan tongkol. ( Dok. Sajian Sedap)

Gunakan Tangan agar Mudah Pisahkan Tulang, Berikut 4 Cara Makan Mangut Ikan

26 Oktober 2023 06:20 WIB

SonoraBangka.id -  Selain dalam kondisi lapar, kamu bisa memerhatikan hal ini saat akan menikmati mangut ikan. Cara makan mangut ikan cukup spesifik, meskipun umum dilakukan saat menyantap makanan berkuah ini. Anis Yulita, manajer Javatoscana Garden Resto & Cafe, membagikan saran makan mangut ikan berikut ini.

1. Jangan terlalu banyak siram kuahnya

Mangut ikan disajikan bersama kuah. Daging ikan dan kuah siram nikmat disantap dengan nasi hangat. Namun, menurut Anis, kuah mangut sebaiknya digunakan dalam jumlah secukupnya, tidak terlalu banyak. "Cukup untuk membahasi nasi dan melumuri daging ikan, istilahnya kayak saus. Jangan makan seperti kuah soto," kata Anis.

2. Makan bersama-sama

Ukuran ikan mangut tidak selalu sama. Ada yang medium hingga besar. Anis menyarankan, sebaiknya nikmati sajian berkuah santan ini bersama-sama. "Kalau bisa, makan mangut rame-rame biar meningkatkan gairah makan," ujar Anis saat ditemui Kompas.com di Javatoscana Garden Resto & Cafe, Selasa (24/10/2023).

3. Makan mangut langsung pakai tangan

Anis menyarankan untuk menyantap mangut ikan langsung menggunakan tangan, tanpa sendok dan garpu. Menyantap mangut ikan dengan tangan dianggap lebih mudah. Daging ikan bisa langsung diambil dan dipisahkan dari tulangnya. Namun, tips ini bisa disesuaikan dengan kebiasaan dan kenyamanan makanan. Tidak ada salahnya tetap menggunakan peralatan makan seperti biasa.

4. Santap mangut pada siang hari

Mangut ikan berkuah santan. Itu sebabnya, Anis menyarankan untuk menyantap mangut saat siang hari, apalagi bila sedang berdiet. "Mangut itu kan ada rasa pedasnya, baik dimakan pas siang hari saat sedang lapar, jadi bikin semangat," kata Anis.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Makan Mangut Ikan, Gunakan Tangan agar Mudah Pisahkan Tulang", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/25/180600975/4-cara-makan-mangut-ikan-gunakan-tangan-agar-mudah-pisahkan-tulang.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm