Ilustrasi semangka kuning. Mengonsumsi semangka kuning berlebihan dapat menaikkan kadar gula darah, terutama pada penderita diabetes.
Ilustrasi semangka kuning. Mengonsumsi semangka kuning berlebihan dapat menaikkan kadar gula darah, terutama pada penderita diabetes. ( SHUTTERSTOCK/DEENIDA)

Apa Bedanya Semangka Merah dan Kuning?Berikut Penjelasannya

26 Oktober 2023 06:32 WIB

SonoraBangka.id - Semangka tidak hanya merah. Ada juga semangka kuning yang banyak dijual di pasaran. Meski popularitasnya tidak setinggi semangka merah, semangka kuning nyatanya dibudidayakan lebih dulu pada 5.000 tahun lalu, seperti dilansir All Recipes.

Semangka kuning pertama kali ditanam di Afrika. Kemudian, tnaaman buah ini melalui perkawinan silang untuk warna, tekstur, dan rasanya.

Semangka merah kemudian muncul seiring meningkatnya kandungan likopen pada varietas buah dari waktu ke waktu. Perbedaan semangka merah dan kuning jelas terlihat dari warnanya. Hal ini disebabkan oleh kandungan yang berbeda.

Semangka berwarna merah karena mengandung likopen, antioksidan yang memberi warna merah pada buah dan sayuran.  Likopen tidak terkandung dalam semangka kuning. Itu sebabnya, dua macam semangka ini memiliki warna berbeda.

Sebaliknya, buah dan sayur berwarna merah, seperti tomat dan jeruk bali, mengandung likopen, sama halnya dengan semangka merah.

Semangka kuning mengandung beta-karoten cukup tinggi yang termasuk antioksidan dan baik untuk melindungi tubuh dari kanker.

Tebal kulit dan cita rasa semangka ini juga berbeda. Semangka kuning umumnya lebih manis daripada semangka merah. Selain itu, kulit semangka kuning cenderung lebih tebal, meskipun sulit dilihat dari luar atau saat bentuknya masih utuh.

Persamaan semangka merah dan kuning adalah kandungan vitaminnya. Kedua jenis semangka ini sama-sama tinggi vitamin A dan C.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apa Bedanya Semangka Merah dan Kuning?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/25/170500575/apa-bedanya-semangka-merah-dan-kuning-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm