Mitsubishi D:X Concept di Japan Mobility Show (JMS) 2023(KOMPAS.com/Azwar F)
Mitsubishi D:X Concept di Japan Mobility Show (JMS) 2023(KOMPAS.com/Azwar F) ( KOMPAS.COM)

Mitsubishi Pilih Membuat Hybrid daripada Mobil Listrik

26 Oktober 2023 16:15 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Mitsubishi Motors Corporation (MMC) baru saja mengumumkan investasi sebesar 200 juta Euro atau setara dengan Rp 3,348 triliun di Ampere, perusahaan kendaraan listrik dan perangkat lunak yang didirikan Renault Group.

Bagi Mitsubishi Motors, investasi ini merupakan langkah ke depan dalam rencana jangka menengah, yang sejalan dengan komitmen Mitsubishi terhadap pengembangan kendaraan listrik.

Hiroshi Nagaoka, Executive Vice President MMC, menjelaskan, bahwa saat ini Mitsubishi sudah memiliki beragam teknologi elektrifikasi, yang bisa disesuaikan dengan market di setiap negara.

"Sekarang kita memilih negara negara mana yang akan sesuai dengan teknologi tersebut. Jadi teknologinya sudah ada untuk semua jenis, baik itu BEV, HEV, dan PHEV," jelas Nagaoka, di Japan Mobility Show (JMS) 2023, Tokyo, Jepang, Rabu (25/10/2023).

Nagaoka melanjutkan, terkait investasi di Ampere yang dilakukan MMC, pihaknya belum bisa berbicara banyak, hanya saja langkah ini akan sesuai dengan strategi-strategi Mitsubishi di masa mendatang.

Hybrid di Indonesia

Nagaoka menjelaskan, untuk pasar Indonesia Mitsubishi menilai kendaraan yang cocok adalah HEV (Hybrid Electric Vehicle) dibandingkan mobil listrik full berbasis baterai (BEV). Alasannya, HEV memakai baterai yang lebih kecil dibanding BEV.

"MMC melihat untuk membuat sebuah BEV butuh proses pembuatan yang sangat panjang. Mulai dari pembuatan mobilnya, baterainya, dan proses lainnya. Untuk membuat baterai, harus mengambil energi yang sangat besar sekali yang juga akan menghasilkan CO2," jelas Nagaoka.

Sedangkan buat HEV, Nagaoka melanjutkan, tidak membutuhkan baterai yang besar. Dengan demikian bisa mengurangi CO2 efek dari proses produksi mobil listrik yang panjang.

Namun demikian, Mitsubishi sendiri sudah menyiapkan beberapa rencana terkait elektrifikasi di Indonesia, yang akan dihuni oleh kendaraan listrik dan hybrid, termasuk yang sudah dijual yakni Outlander PHEV, serta Minicab MiEV yang akan mulai diproduksi tahun depan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mitsubishi Pilih Hybrid daripada Mobil Listrik", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/26/072100715/mitsubishi-pilih-hybrid-daripada-mobil-listrik.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm