Rangka eSAF yang dipakai Honda Genio(Foto: dok.AHM)
Rangka eSAF yang dipakai Honda Genio(Foto: dok.AHM) ( KOMPAS.COM)

AHM Klaim Telah Melakukan Peningkatan Untuk Kualitas Rangka Motor

26 Oktober 2023 17:51 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Menyikapi masalah yang tengah ramai di tengah masyarakat perihal rangka yang berkarat dan keropos, PT Astra Honda Motor (AHM) menambah masa garansi rangka sepeda motor dari 1 tahun menjadi 5 tahun.

Penambahan masa garansi ini tidak dilakukan begitu saja. Sebab, AHM mengaku telah melakukan peningkatan kualitas rangka motor.

“Jadi kalau melihat dari KNKT dan teman-teman Kemenhub, dikatakan bahwa sebenarnya quality is enggak ada masalah, kalau teman-teman ingat itu,” ujar Octavianus Dwi Putro, Direktur Pemasaran PT AHM di Tangerang (25/10/2023).

“Tetapi, mari kita sama-sama memastikan bahwa kalau konsumen pengin ngecek silakan datang, nanti kami tangani sama-sama. Itu yang kami juga dorong, silakan nanti datang ke kami, nanti kami tangani,” kata dia.

Octa mengeklaim, pihaknya melakukan peningkatan kualitas motor secara berkelanjutan, tak terkecuali pada komponen rangka.

“Tentunya yang dikatakan kalau di situ dikatakan juga optimalisasi itu kan continous ya, sama kayak bapak-ibu punya gadget, OS-nya dari berapa sampai jadi berapa, itulah optimalisasi. Sama, produk kami continously akan dilakukan optimalisasi,” ucap Octa.

Serupa dengan hal tersebut, Thomas Wijaya, Executive Vice President Director PT AHM, memastikan telah melakukan pembaruan pada rangka.

“Ya sudah ada optimalisasi, perlindungan yang ada secara menyeluruh. Sesuai dengan apa yang direkomendasikan dari pihak pemerintah kemarin,” kata Thomas, pada kesempatan yang sama.

Seperti diketahui, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat bersama Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) telah melakukan penelitian rangka eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) motor Honda sejak Agustus hingga September 2023.

Berdasarkan hasil perhitungan finite element method dan divalidasi secara pengujian aktual di fasilitas milik PT AHM, dapat dikatakan struktur rangka eSAF cukup kuat dan tidak memiliki daerah kritis atau fatigue dengan stress load yang tinggi.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm