B mode terdapat di tuas persnelling sedangkat decelerator paddle shift terletak di balik roda kemudi Honda CR-V e:HEV(Kompas.com - Aris Harvenda)
B mode terdapat di tuas persnelling sedangkat decelerator paddle shift terletak di balik roda kemudi Honda CR-V e:HEV(Kompas.com - Aris Harvenda) ( KOMPAS.COM)

Honda Siap Untuk Produksi Mobil Hybrid Murah di Indonesia

28 Oktober 2023 19:42 WIB

SONORABANGKA.ID - PT Honda Prospect Motor (HPM) sudah mulai menjual mobil berteknologi hybrid di Indonesia melalui Honda CR-V Hybrid. Penjualannya sukses, terbukti 70-80 persen yang dibeli konsumen merupakan CR-V varian mesin hibrida.

Rencana ke depan tidak hanya CR-V, namun dipastikan ada model hybrid lain yang bakal dijual termasuk pilihan kedua dirilis menjelang akhir 2023. Besar kemungkinan Honda akan menghadirkan Accord Hybrid untuk mengisi ceruk pasar sedan menengah.

Selain itu, rencana jangka panjangnya produsen otomotif asal Jepang ini juga akan merakit lokal mobil hybrid. Pernyataan ini dipertegas oleh President Director PT HPM Kotaro Shimizu. Dia mengatakan ke depan akan mulai memproduksi lokal mobil hybrid.

"Selain CR-V dan model hybrid lain tentunya kita juga akan memproduksi lokal mobil hybrid di Indonesia," tutur Shimizu di Plaza Aoyama, Tokyo, Jepang, Jumat (27/10/2023).

Senada, Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM juga mengatakan demikian. Dia menjelaskan bahwa bila memproduksi lokal mobil hybrid harus model yang punya pasar besar sehingga langsung bisa diterima dengan baik oleh konsumen.

"Tentunya model yang volumenya besar. Bisa dilihat sendiri model Honda apa yang volumenya besar di Indonesia, saya belum bisa bilang pastinya tapi arahnya seperti itu," kata Billy di Tokyo.

Secara fasilitas, HPM memiliki pabrik di Karawang. Kapasitas produksinya mencapai 200.000 unit per tahun, dengan fasilitas road test, engine plant, hingga frame assembly untuk memenuhi kebutuhan domestik dan impor.

Bukan cuma itu, langkah ini tentunya sejalan dengan misi global Honda yang akan merilis 30 model elektrifikasi, dengan volume produksi 2 juta unit pada 2030. Kemudian semua kendaraan yang dijual pada 2040 sudah berbasis listrik.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Honda Siap Produksi Mobil Hybrid Murah di Indonesia", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/28/081200315/honda-siap-produksi-mobil-hybrid-murah-di-indonesia.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm