Tuas transmisi mobil matik(KOMPAS.com/Serafina Ophelia)
Tuas transmisi mobil matik(KOMPAS.com/Serafina Ophelia) ( KOMPAS.COM)

Kebiasaan yang Membuat Transmisi Mobil Matik Cepat Rusak

29 Oktober 2023 16:24 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Mobil dengan transmisi matik secara otomatis akan melakukan pengaturan untuk perpindahan gigi.

Dengan demikian, pengemudi tidak perlu repot menginjak pedal kopling dan memindahkan tuas transmisi.

Kemudahan pengoperasian mobil matik kadang kala membuat pengemudi menjadi terlena, dan melakukan kesalahan. Bahkan parahnya kebiasaan buruk ini dilakukan berulang-ulang.

Terdapat beberapa kebiasaan yang tanpa disadari bisa merusak sistem transmisi. Bahkan memperpendek umur pakai mobil matik.

Hermas Efendi Prabowo, Pemilik bengkel spesialis mobil matik Worner Matic mengatakan, kebiasaan yang sering dilakukan pengemudi mobil matik adalah terlalu agresif ketika tuas baru dipindah.

“Selain berkendara agresif atau sering memindahkan tuas, ada kesalahan lain yang sering dilakukan tapi tidak disadari penggunanya. Paling umum adalah terlalu cepat berakselerasi saat transmisi baru dipindahkan ke posisi D atau R,” ungkap Hermas kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Sebaiknya pindahkan posisi tuas transmisi dari N atau D ke R secara perlahan, dan injak pedal gas sewajarnya.

“Setelah memindahkan ke D atau R jangan langsung gas, berikan jeda atau waktu satu sampai dua detik agar gigi itu benar-benar menyangkut daan bisa bekerja optimal,” jelas Hermas.

Terburu-buru memindahkan transmisi ke posisi P saat mobil belum berhenti total juga bisa menimbulkan dampak buruk bagi transmisi.

Hermas mengatakan, terlamabat ganti oli transmisi atau tidak diganti sesuai dengan rekomendasi pabrikan, tanpa sadar bisa membuat umur transmisi matik mudah rusak.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kebiasaan yang Bikin Transmisi Mobil Matik Cepat Rusak", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/29/110200115/kebiasaan-yang-bikin-transmisi-mobil-matik-cepat-rusak.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm