lustrasi freezer. Menyimpan makanan di freezer.
lustrasi freezer. Menyimpan makanan di freezer. ( SHUTTERSTOCK/ANGIEYEOH)

Mudah Dicari dan Tidak Lupa, Berikut 6 Cara Susun Makanan di Freezer

30 Oktober 2023 16:37 WIB

SonoraBangka.id - Freezer atau mesin pembeku diandalkan untuk menyimpan bahan makanan dalam waktu lama. Freezer membekukan makanan sehingga mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan makanan rusak atau basi. 

Masalahnya, ukuran freezer rumahan umumnya kecil sehingga butuh cara tepat menyusun bahan makanan agar dapat beku dengan sempurna. 

Selain itu, bahan makanan umumnya akan berubah bentuk dan warna ketika dibekukan membuat makanan di freezer sulit dicari bahkan terlupakan. 

Simak enam cara susun bahan makanan di freezer yang benar, tips dari Marthastewart.com berikut ini: 

1. Kelompokan makanan sesuai jenisnya 

Umumnya ada dua jenis makanan yang disimpan di freezer yaitu masakan matang dan bahan mentah.  Sebaiknya, bagi area menyimpan makanan di freezer agar lebih memudahkan saat cari bahan masakan atau ingin memanaskan makanan.  Contohnya, pada rak atas untuk masakan matang dan laci freezer untuk menyimpan bahan makanan mentah.  

2. Simpan bahan makanan dalam porsi sekali masak

Paling penting simpan bahan makanan dalam porsi sekali masak. Sebab bahan makanan yang beku, dicairkan, lalu dibekukan lagi, akan rentan rusak karena pertumbujan bakteri.  Menyimpan bahan makanan dalam porsi sekali masak juga lebih mudah diselipkan di ruang freezer yang kecil. 

3. Pilih wadah makanan yang antipecah 

Tidak semua kotak makan berbahan plastik bisa disimpan di freezer. Ada yang rentah pecah saat mencapai suhu rendah.  Oleh karena itu, penting untuk memilih wadah makanan antipecah agar bahan makanan awet di freezer dan wadah bisa dipakai berulang kali.  Kamu juga bisa menggunakan plastik kedap udara khusus makanan untuk simpan aneka makanan berbentuk cairan seperti pasta bumbu atau saus. 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm