Touring Honda PCX di Bali(Aloysius Gonsaga AE/Kompas.com)
Touring Honda PCX di Bali(Aloysius Gonsaga AE/Kompas.com) ( KOMPAS.COM)

Teknik Untuk Pengereman Motor Matik yang Aman di Turunan

30 Oktober 2023 18:52 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pengereman menjadi hal yang sangat penting dilakukan ketika melewati jalan menurun, di mana kendaraan memiliki potensi mendapatkan kecepatan tinggi.

Khusus pengguna motor matik, mengetahui cara pengereman yang aman dan benar perlu diketahui, mengingat rem pada kendaraan ini berbeda dari sistem pengereman motor manual.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia mengatakan, ketika pengendara motor matik melewati jalan menurun jangan menekan rem terlalu lama.

“Rem secukupnya, perlahan biarkan kecepatan motor terkontrol tersendirinya. Bila ada keanehan seperti bau terbakar, atau keluar asap, berhenti saja,” ungkap Sony.

Sony juga mengatakan, walau motor matik tidak memiliki engine brake, pengereman yang benar sudah cukup.

Motor matik bisa berhenti atau mengurangi kecepatan dengan menggunakan dorongan tenaga. Caranya dengan memutar tuas gas sembari di imbangi menyeimbangkan putaran mesin.

“Mainkan gas untuk menjadi semacam engine brake manual. Putaran gas sesuai kebutuhan. Hambatan muncul sendirinya dari hentakan-hentakan mesin,” jelasnya.

Sementara itu, Jusri Pulubuhu Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving and Consulting mengatakan, untuk jeda waktu pengereman 3 hingga 6 detik ini berguna mengurangi tekanan suhu panas permukaan rem.

Selain itu kontrol pengendalian kendaraan juga diperlukan untuk mengatur batas kecepatan. Sehingga ketika keadaan darurat masih bisa mengendalikan motor dengan mudah.

“Biar rem enggak sampai overheat, Ditekan tapi terjeda, tekniknya rem, buka, rem dan seterusnya,” jelas Jusri.

Kemudian, Dosen teknik mesin Universitas Gadjah Mada (UGM) Jayan Sentanuhady juga mengatakan, pengendara motor matik yang melewati jalan menurun perlu berhati-hati.

“Kalau motor matik, karena tidak bisa engine brake, maka hanya mengandalkan rek roda,” ungkapnya dikutip dari Kompas.com, Senin (30/101/2023).

Sehingga, Jayan menyarankan pengguna motor matik sering berhenti di pinggir jalan saat melalui jalan menurun.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Teknik Pengereman Motor Matik yang Aman di Turunan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/30/121200815/teknik-pengereman-motor-matik-yang-aman-di-turunan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm