Ilustrasi: kasus cacar monyet pertama terkonfirmasi di Indonesia.
Ilustrasi: kasus cacar monyet pertama terkonfirmasi di Indonesia. ( Shutterstock)

Waspada Cacar Monyet Mengintai, Ini Gejala dan Cara Pengobatannya

31 Oktober 2023 09:09 WIB

SonoraBangka.id - Saat ini kasus penyakit cacar monyet (monkeypox) mengintai, setelah badai pandemi penyakit covid-19 yang berangsur-angsur berlalu.

Penyakit cacar monyet dilaporkan telah meluas ke 12 negara non endemis yang berada di 3 regional WHO, yaitu regional Eropa, Amerika, dan Western Pacific.

Di Indonesia sudah ada beberapa orang yang menderita penyakit ini. 

Penyakit itu sendiri saat ini sudah ditemukan di Jakarta dan bersifat menular.

Terkait penularan cacar monyet ini Dinas Kesehatan Belitung Timur mengimbau masyarakat agar waspada terhadap penularan penyakit cacar monyet alias monkey pox. 

Kabid P2P Dinkes Belitung Timur, Supardi menyebutkan di Belitung Timur sendiri saat ini belum ditemukan penyakit tersebut.

Namun, masyarakat harus tetap waspada terutama bagi masyarakat yang sering ke Jakarta.

"Untuk pencegahan kami masih berkoordinasi dengan Dinkes Provinsi dan juga Dirjen Surveilans dan Karantina Kesehatan Kemenkes. Beberapa hari ini kami juga mengikuti zoom terkait kebijakan program dan upaya yang bisa dilaksanakan oleh daerah," kata Supardi kepada posbelitung.co, Senin (30/10/2023).

Pihaknya sudah membekali pihak puskesmas supaya lebih meningkatkan kewaspadaan dan melakukan pemantauan melalui pengelola program surveilans untuk segera melaporkan jika ada kasus terduga monkey pox ini. 

"Kemudian masyarakat yang habis melakukan perjalanan ke daerah yang telah ada kasus juga untuk dapat secara kooperatif melapor ke puskesmas atau faskes terdekat jika mengalami keluhan mirip gejala kasus cacar monyet," kata Supardi.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm