Tangkapan layar laman SIASN BKN. Layanan kepegawaian PNS dilakukan melalui SIASN.
Tangkapan layar laman SIASN BKN. Layanan kepegawaian PNS dilakukan melalui SIASN. ( BKN)

Mulai 2024, Kenaikan Pangkat PNS Dilayani Lewat Sistem SIASN

31 Oktober 2023 10:33 WIB

SonoraBangka.ID - Mulai tahun depan, periodesasi kenaikan pangkat pegawai negeri sipil (PNS) akan dilakukan sebanyak 6 kali dalam setahun.

Pemberlakuan kenaikan pangkat dengan skema terbaru akan dimulai untuk kenaikan pangkat pada Februari 2024.

Disadur dari informasi resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN), semua layanan kenaikan pangkat, mulai dari pengusulan, penetapan pertimbangan teknis (Pertek BKN), sampai dengan penerbitan surat keputusan (SK) dari instansi, akan dilakukan melalui satu sistem layanan yaitu SIASN BKN, https://siasn.bkn.go.id.

Sistem SIASN terintegrasi dengan seluruh instansi pemerintah pusat dan pemerintah daerah, sehingga ini akan mempermudah pengguna layanan kepegawaian BKN karena semua proses pengajuan instansi disediakan berbasis layanan digital.

“Layanan kepangkatan melalui SIASN juga sudah menyediakan format SK Kenaikan Pangkat yang diterbitkan instansi. Format SK-nya sudah tersedia di SIASN sehingga instansi tidak perlu lagi membuat SK manual setelah Pertek BKN keluar,” ujar Direktur Pengadaan dan Kepangkatan Sri Widayanti, Selasa (31/10/2023).

Dijelaskan bahwa dengan penambahan periodesasi kenaikan pangkat tidak berarti pengajuan kenaikan pangkat seseorang bisa 6 kali dalam setahun.

Dengan penambahan periodesasi ini, PNS diberikan lebih banyak kesempatan untuk mengusulkan kenaikan pangkat dalam satu tahun.

Untuk diketahui, ketentuan kenaikan pangkat PNS dengan skema 6 periodesasi mengacu pada Peraturan BKN Nomor 4 Tahun 2023 tentang Periodesasi Kenaikan Pangkat PNS dan Surat Edaran (SE) BKN Nomor 16 Tahun 2023.

Batas waktu pengusulan kenaikan pangkat dengan skema terbaru pada tahun 2024 sebagai berikut:

  • Kenaikan pangkat periode Februari, waktu pengusulan pada 15 Desember 2023-15 Januari 2024
  • Kenaikan pangkat periode April, waktu pengusulan pada 1-28 Februari 2024
  • Kenaikan pangkat periode Juni, waktu pengusulan pada 1-31 April 2024
  • Kenaikan pangkat periode Agustus, waktu pengusulan pada 1-30 Juni 2024
  • Kenaikan pangkat periode Oktober, waktu pengusulan pada 1-31 Agustus 2024
  • Kenaikan pangkat periode Desember, waktu pengusulan pada 1-31 Oktober 2024.

Dalam sistem SIASN BKN, juga tersedia layanan pengecekan secara mandiri terkait progres usul kepegawaian termasuk kenaikan pangkat.

Progres usul kepegawaian dapat diakses dan dipantau sendiri oleh yang bersangkutan, untuk melihat sejauh mana proses layanan kepegawaian yang diberikan oleh instansi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mulai 2024, Kenaikan Pangkat PNS Dilayani Lewat Sistem SIASN", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/10/31/091954126/mulai-2024-kenaikan-pangkat-pns-dilayani-lewat-sistem-siasn.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm