Rangka dan komponen bagian dalam motor listrik Savart S-1(Kompas.com/Daafa Alhaqqy)
Rangka dan komponen bagian dalam motor listrik Savart S-1(Kompas.com/Daafa Alhaqqy) ( KOMPAS.COM)

Mengenal Untuk Sistem Kerja Baterai Savart S-1

31 Oktober 2023 19:42 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Ada yang menarik dari Savart S-1 selain menggunakan dinamo tope mid drive, baterai motor listrik yang berbasis di Sidoarjo, Jawa Timur, ini mengunakan dua baterai jaringan seri.

William E. Taifan, CEO PT Garda Energi Nasional Indonesia sebagai produsen Savart mengatakan, dua baterai tersebut satu kesatuan.

"Kita sistemnya dua baterai satu kesatuan, seri bukan paralel. Jadi bukan seperti satu baterai habis kemudian pindah. Jadi kalau swap dua duanya," kata William yang ditemui di ICE BSD City, pekan lalu.

Tujuannya kata William supaya jarak tempuhnya bisa panjang. Berdasarkan brosur resmi baterai ini bisa membawa motor berkelana sejauh 120 km.

"Kalau kita mau range panjang baterainya mesti besar," ujarnya.

Spesifikasi Savart S-1 menggunakan baterai Lithium Ion NMC dengan spesifikasi 72 V 65 Ah. Motor ini sanggup memproduksi 18,7 tk dan torsi sampai 250 Nm.

"Kecepatannya sampai 120 kpj itupun sudah kami batasi," kata William.

"Jarak tempuh kita coba normal mode, ini tidak bohong-bohong ya, karena biasanya ada yang sering lihat di media ternyata klaimnya tidak sesuai kalau kita sesuai itu, 110 km itu dengan rata-rata kecepatan 60 kpj," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mengenal Sistem Kerja Baterai Savart S-1", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/31/144100915/mengenal-sistem-kerja-baterai-savart-s-1.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm