Toyota Fortuner lawas banyak diburu masyarakat lantaran tangguh dan sporty.(Tangkapan layar)
Toyota Fortuner lawas banyak diburu masyarakat lantaran tangguh dan sporty.(Tangkapan layar) ( KOMPAS.COM)

Kenali Untuk Ciri-ciri Mesin Fortuner Lawas yang Kondisinya Bagus

31 Oktober 2023 20:33 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Toyota Fortuner lawas banyak diburu masyarakat lantaran memiliki tenaga yang tangguh, maka dari itu sebelum membeli wajib memastikan mesinnya dalam kondisi baik.

Seperti yang diketahui mesin menjadi bagian inti mobil sehingga kondisinya yang prima bisa menjadi nilai tambah walau Fortuner lawas sudah berumur sekitar 18 tahunan sejak pertama diluncurkan.

Lantas, seperti apa ciri-ciri mesin Fortuner yang masih bagus?

Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service mengatakan sebelum membeli Fortuner lawas, calon pembeli perlu memperhatikan kesehatan mesin.

“Fortuner dibekali mesin diesel dan bensin, meski populasi tipe bensin sangat sedikit jika dibandingkan dengan yang diesel, keduanya penting untuk dipastikan kondisi olinya,” ucap Muchlis kepada Kompas.com, Selasa (31/10/2023).

Muchlis mengatakan mesin Fortuner dipastikan dalam kondisi bagus dan terawat kalau olinya tidak berkerak atau masih bening.

Untuk memeriksanya, Muchlis mengatakan bisa dilihat di lubang pengisian oli dan dipstick. Bila tidak ada tanda-tanda oli berkerak berupa lumpur atau kotoran membandel bisa diartikan mobil cukup baik dirawat.

“Artinya oli mesin rutin diganti, sehingga harapannya komponen di dalamnya masih bagus, sedangkan bila terdapat kerak oli atau kotoran membandel ada kemungkinan oli sering telat diganti,” ucap Muchlis.

Selain kondisi oli mesin, Muchlis juga mengatakan mesin Fortuner yang masih bagus ditandai dengan turbochargernya sehat.

“Cek turbocharger, yang bagus bersih dan suaranya halus, kotoran berasal dari kebocoran oli mesin, biasanya seal-selanya sudah mulai bocor, bisa juga dengan mendengarkan suara putaran turbonya, kasar atau berdecit apa tidak,” ucap Muchlis.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm