Pedal rem dan pedal gas Toyota All New Voxy(Kompas.com/Donny)
Pedal rem dan pedal gas Toyota All New Voxy(Kompas.com/Donny) ( KOMPAS.COM)

Kerugian Mengemudi Mobil Matik Menggunakan Dua Kaki

2 November 2023 19:39 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Mobil dengan transmisi matik memang lebih mudah dioperasikan dibanding manual. Salah satunya karena hanya ada dua pedal, yaitu gas dan rem tanpa kopling.

Sayangnya, ada pengguna mobil matik yang berkendara menggunakan kedua kakinya, apalagi yang sebelumnya biasa mengemudikan mobil manual.

Jamaludin, Head of Nissan Academy PT Nissan Motor Indonesia (NMI) mengatakan, mengoperasikan pedal mobil matik sebaiknya cuma dilakukan satu kaki.

“Jika menggunakan dua kaki untuk mengoperasikan pedal pada mobil matik, bisa menimbulkan banyak kerugian, perlu diketahui pada mobil matik itu hanya ada gas dan rem. Jadi untuk akselerasi dan deselerasi itu pasti dilakukan secara bergantian,” ungkap Jamal kepada Kompas.com belum lama ini.

Jamal mengatakan, ketika mengemudi mobil matik dengan dua kaki, ada kemungkinan akselerasi dan deselerasi dilakukan secara bersamaan, ini akan membuat kerusakan pada komponen mobil.

“Kampas rem dan kopling itu lebih cepat aus bila gas dan rem dilakukan bersamaan, bayangkan saja rem selalu aktif padahal mobil sedang akselerasi, itu kampas rem menjadi cepat habis, kopling di dalam transmisi matik juga cepat aus,” katanya.

Selain merusak komponen, efek samping lainya juga bisa menyebabkan penggunaan bahan bakar yang lebih boros.

“Dengan menggunakan dua kaki, maka pengemudi berpeluang menginjak pedal padahal kondisi tidak sedang dibutuhkan. Misal menginjak pedal rem tidak sengaja padahal mobil sedang melaju, itu akan membuat tarikan mesin menjadi berkurang dan boros BBM juga,” ungkap Jamal.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kerugian Mengemudi Mobil Matik Pakai Dua Kaki", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/02/102200415/kerugian-mengemudi-mobil-matik-pakai-dua-kaki.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm