Ford Ranger punya tampilan yang kekar dan gagah, namun pandangan masyarakat menilai sulit merawat mobil keluaran Amerika Serikat ini karena suku cadangnya mahal.(KOMPAS.com/Gilang)
Ford Ranger punya tampilan yang kekar dan gagah, namun pandangan masyarakat menilai sulit merawat mobil keluaran Amerika Serikat ini karena suku cadangnya mahal.(KOMPAS.com/Gilang) ( KOMPAS.COM)

Betulkah Semua Mobil Diesel Minimal Memakai Dexlite?

2 November 2023 20:01 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Setiap mobil perlu bahan bakar minyak (BBM) dan bahan bakar yang disarankan ialah yang sesuai dengan spesifikasi penggerak atau mesin.

Saat ini untuk mobil diesel tersedia beragam jenis solar, mulai solar biasa (bio solar), Dexlite dan Pertamina Dex. Ketiganya memiliki spesifikasi berbeda tak ubahnya bensin seperti Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo.

Pertanyaan yang kerap muncul ialah apakah perlu mobil diesel menggunakan solar mahal minimal Dexlite?

Ferry Bontot, pemilik bengkel spesialis Ford Auto Solution (FAS) di Cirendeu, Tangerang Selatan, mengatakan, semua dikembalikan lagi pada spesifikasi mesin.

"Kalau ditanya bagusan pakai solar biasa atau pakai Dex (atau Dexlite), saya akan bilang bagusan Dex, tapi mobil saya pakai solar biasa," kata Ferry kepada Kompas.com, belum lama ini di Tangerang, Selatan.

Ferry memberi contoh, misalkan Ford Everest tahun lama yang memang dari awal spesifikasinya cukup dengan solar biasa maka tidak ada diisi dengan solar.

Ferry mengatakan, memang pemilik bisa memakai jenis solar yang lebih bagus yaitu memakai Dexlite namun ongkos harian pasti bengkak.

"Kalau kemudian pakai solar mahal terus rusaknya lebih cepat, mobilnya tahun berapa kalau mobilnya tahun pertama 2007 wajar. Waktu si TDCI keluar kan masih solar biasa," katanya.

"Karena spesifikasinya belum butuh. Kecuali kalau mobil zaman sekarang, seperti New Everest minimal Dexlite (2015 ke atas)," ujar Ferry.

Saat ini harga solar subsidi yaitu Rp 6.800 per liter namun pembeliannya dibatasi, harga itu cukup jauh dengan Dexlite dengan banderol Rp 16.950 dan Pertamina Dex seharga Rp 17.750.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Betulkah Semua Mobil Diesel Minimal Pakai Dexlite?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/02/144100615/betulkah-semua-mobil-diesel-minimal-pakai-dexlite-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm