Petugas berusaha memadamkan mobil Daihatsu Zebra B2791AJ yang terbakar di Jalan Trunojoyo, samping Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta, Rabu (4/2/2015). Mobil itu membawa lima tangki berisi ratusan liter bahan bakar minyak. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO(KRISTIANTO PURNOMO)
Petugas berusaha memadamkan mobil Daihatsu Zebra B2791AJ yang terbakar di Jalan Trunojoyo, samping Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta, Rabu (4/2/2015). Mobil itu membawa lima tangki berisi ratusan liter bahan bakar minyak. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO(KRISTIANTO PURNOMO) ( KOMPAS.COM)

Video Angkot Terbakar di SPBU, Begini Cara Tepat Untuk Memadamkan Api

2 November 2023 20:26 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kasus mobil terbakar kembali terjadi, kali ini di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Jalur Lingkar Sukabumi, Jawa Barat.

Dalam video TikTok yang diunggah oleh akun bernama @mlbbsaber.skj, Rabu (1/11/2023), mulanya terlihat sopir angkot hendak mengisi bahan bakar di jalur Lingkar Sukabumi.

Tak berselang lama, muncul ledakan dari kabin. Sopir yang berada di dalam mobil langsung bergegas keluar.

Sejumlah petugas SPBU pun terlihat panik dan langsung menjauh dari kendaraan, hingga akhirnya api membesar dan melahap angkot berkelir biru tersebut.

Belum diketahui secara pasti penyebab terjadinya kebakaran itu, tapi berdasarkan narasi dari unggahan akun TikTok tersebut, sopir diduga menggunakan ponsel hingga menaruh BB< di jeriken sehingga memicu terjadinya kebakaran.

Berkaca dari kejadian tersebut, ada baiknya pemilik kendaraan memahami cara yang tepat saat menghadapi mobil terbakar agar tidak menimbulkan kobaran api yang lebih besar.

Memadamkan api pada mobil sebetulnya bisa ditangani sendiri menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), atau juga menunggu bantuan dari pihak terkait seperti pemadam kebakaran.

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan menyarankan, pada pemilik kendaraan untuk tetap tenang kalau tiba-tiba mobil terbakar.

Jika masih sempat, selamatkan barang-barang berharga yang ada dalam mobil. Tetapi kalau api sudah cukup besar, prioritaskan keselamatan diri dan menjauh dari kobaran api menjadi langkah yang paling bijak.

Marcell melanjutkan, usahakan untuk memadamkan api menggunakan APAR karena lebih efektif memadamkan mobil yang terbakar, ketimbang menyiram api dengan air atau pasir.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm