Vinfast, merek kendaraan premium dari Vietnam, memperkenalkan produknya pertama kali di Paris Motor Show 2018(Motor1.com)
Vinfast, merek kendaraan premium dari Vietnam, memperkenalkan produknya pertama kali di Paris Motor Show 2018(Motor1.com) ( KOMPAS.COM)

Moeldoko Memastikan VinFast Masuk Indonesia

2 November 2023 20:34 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kepala Staf Kepresidenan RI (KSP) Moeldoko memastikan bahwa produsen otomotif asal Vietnam, VinFast merupakan salah satu industri kendaraan bermotor yang akan masuk ke pasar dalam negeri.

Hal tersebut menyusul pertemuan terbatas dirinya bersama perwakilan VinFast beberapa waktu lalu yang menyampaikan bahwa perseroan berencana menginvestasikan 1,2 miliar dollar AS atau setara Rp 18,8 triliun untuk membangun pabrik perakitan di Indonesia.

"Mungkin kita bisa fokus dulu dengan ini (Vinfast) karena potensi investasinya sangat besar," ujar Moeldoko, dikutip Kamis (2/11/2023).

Sebagai upaya memuluskan jalan para investor ke Tanah Air sehingga bisa mempercepat pembentukan ekosistem kendaraan listrik, pemerintah akan menyiapkan paket kebijakan baru seperti memperpanjang masa tax holiday dan non-fiskal lainnya.

Kebijakan non fiskal yang dimaksud mencakup perubahan ketentuan jaminan investor, di mana tidak melibatkan uang tunai melainkan aset tetap (tidak bergerak), seperti tanah.

"Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu sedang mengkaji kemungkinan jika aset seperti tanah dijaminkan ke bank sebagai garansinya," ucapnya.

"Aturan turunan juga perlu disiapkan sehingga ketika Perpres (55/2019) hasil revisi keluar, peraturan pelaksanaan itu juga segera diterbitkan," kata Moeldoko.

Langkah ini perlu dilakukan karena sejatinya Indonesia punya potensi investasi kendaraan listrik yang besar. Tapi, investor menilai masih ada beberapa ketentuan yang dirasa memberatkan mereka.

Sebelumnya, Global CEO VinFast Le Thi Thu Thuy memastikan pihaknya akan masuk ke pasar Indonesia yang dimulai pada tahun 2024 mendatang. Kedatangan VinFast bakal melalui pengenalan produk dan pendirian pabrik produksi yang dilaksanakan 2026.

"Rencana kami untuk masuk ke pasar Indonesia melalui dua strategi, yaitu manufaktur dan operasi bisnis (sales)," katanya kepada Kompas.com melalui keterangan tertulis, Selasa (17/10/2023).

"Perihal manufaktur, kita berencana membuat pabrik CKD (Completely Knocked Down) dengan kapasitas produksi 50.000 unit per-tahun dengan total investasi 150 miliar-200 miliar dollar AS. Aktivitas produksi direncanakan dimulai pada 2026," ucap dia.

"Kami juga berencana memproduksi baterai dan memanfatkan ekosistem baterai yang sedang berkembang di Indonesia," kata Thuy.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Moeldoko Pastikan VinFast Masuk Indonesia", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/02/155100715/moeldoko-pastikan-vinfast-masuk-indonesia.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm