Rangka dan komponen bagian dalam motor listrik Savart S-1(Kompas.com/Daafa Alhaqqy)
Rangka dan komponen bagian dalam motor listrik Savart S-1(Kompas.com/Daafa Alhaqqy) ( KOMPAS.COM)

Produsen Sebut Sel Baterai Motor Listrik Masih Sulit Untuk Diproduksi Lokal

4 November 2023 18:39 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Saat memproduksi motor listrik dengan target tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) tinggi, produsen mengaku cukup kesulitan mencari komponen sel baterai.

Pasalnya, cukup banyak produsen motor listrik yang menyebut jika sel baterai belum bisa diproduksi secara lokal. Kondisi ini dinilai cukup merepotkan, dan solusi satu-satunya adalah dengan mengimpor dari luar negeri.

Edwin Dhamaputra, Lead Designer and Research Head Dhelvic, merek motor listrik lokal asal Surabaya, menjelaskan, produksi sel baterai di Indonesia memang dirasa masih sedikit.

“Kalaupun ada yang bikin (sel baterai) itu skalanya buat produksi besar, skala industri, dan kita (produsen) juga enggak bisa order pesanan spek khusus,” ucapnya kepada Kompas.com di Tangerang, pekan lalu.

Motor listrik buatan Dhelvic sendiri menggunakan baterai khusus, bukan berjenis lithium-ion atau SLA, tapi lithium ferro phosphate (LifePO4).

Edwin mengakui kalau dirinya bermitra dengan perusahaan produsen baterai dari China, untuk memproduksi baterai yang spesifik bagi motor listrik miliknya.

“Yang produksi mereka, tapi blueprint buat baterainya kita yang pegang. Jadi mereka bisa terima orderan,” ucapnya.

Kendati demikian, Edwin tetap mengkulik sel baterai impor tersebut, dengan lanjut membuat battery pack sebagai wadah. Komponen ini adalah gabungan dari baterai, wadah, kelistrikan, dan sistem elektronik.

“Digabung pakai BMS (battery management system) buatan kami sendiri, jadi walaupun selnya impor, baterai utuh dan berfungsi itu buatan kami,” ucapnya.

Penjelasan senada juga disampaikan oleh Garry Taifan, COO PT Garda Energi Nasional Indonesia selaku produsen motor listrik Savart. Menurutnya, sel baterai buatan lokal memang masih sulit dijumpai.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm