Ilustrasi puff pastry.
Ilustrasi puff pastry. ( Dok. Shutterstock/Ahanov Michael)

Berikut Ini 3 Perbedaan Puff Pastry dan Danish Pastry

5 November 2023 07:25 WIB

SonoraBangka.id - Jenis pastry beragam. Sebut saja puff pastry dan danish pastry yang umum ditemukan di banyak kafe. Puff pastry dan danish pastry tidak sama. Asal, bahan, hingga tekstur satu dan lainnya berbeda. Sebelum membelinya, kamu bisa simak tiga perbedaan puff pastry dan danish pastry berikut ini.

1. Danish pastry berasal dari Austria

Puff pastry berasal dari Perancis sejak abad ke-16 dan tetap populer hingga kini. Sementara danish pastry memiliki sejarah unik, seperti disampaikan Kevin Zwygart, Pastry Chef La Maison de I'Excellence Savencia. "Danish pastry itu asalnya dari Denmark, tetapi orisinal adonannya berasal dari Austria," kata Kevin kepada media usai acara peluncuran Elle & Vire Professionnel Select Butter Sheet, Rabu (1/11/2023).

Tidak aneh bila danish pastry erat kaitannya dengan Austria. Sebab, adonannya memang sama dengan croissant. Croissant dibuat pertama kali di Austria pada abad ke-17. Pastry ini berkembang dan dibuat dalam bentuk baru yang kini dikenal dengan sebutan danish pastry. Kevin mengatakan, saat itu baker mengolah adonan croissant dan menikmatinya dengan bentuk baru. "Menurut saya, danish pastry itu dibuat dari adonan croissant dan berbeda dengan puff pastry," ujarnya.

2.  Puff pastry  tidak pakai ragi 

Adonan croissant dan puff pastry berbeda. Croissant dibuat dengan ragi, sementara puff pastry tidak. Bahan untuk membuat adonan croisant yang juga danish pastry adalah tepung, ragi, mentega, telur, susu, dan gula. Puff pastry juga dibuat dengan bahan serupa, hanya saja tidak menggunakan ragi jenis apapun.

3.  Puff pastry  bertekstur ringan

Meskipun puff pastry tidak dibuat dengan ragi, jenis pastry ini memiliki tekstur lebih ringan daripada danish pastry. Kandungan mentega dalam danish pastry membuatnya terasa lebih berat saat dimakan. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Beda Puff Pastry dan Danish Pastry, dari Asal hingga Bahan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/11/02/160800175/3-beda-puff-pastry-dan-danish-pastry-dari-asal-hingga-bahan?page=all#page2.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm