Ilustrasi ikan asap siap masak di pasar.
Ilustrasi ikan asap siap masak di pasar. ( SHUTTERSTOCK/CANDRAFIRMAN)

Berapa Lama Ikan Asap Bisa Disimpan? Berikut Penjelasannya

5 November 2023 07:39 WIB

SonoraBangka.id - Pengasapan bukan hanya bertujuan mematangkan bahan makanan, tetapi juga memperpanjang umur simpan makanan.

Beberapa jenis daging, seperti sapi dan ikan, umum diasap untuk meningkatkan aroma dan cita rasa olahannya. Banyak jenis ikan bisa diasap, beberapa di antaranya adalah ikan pari, bandeng, patin, lele, tongkol, dan manyung.

Setelah diasap, ikan dapat langsung dimakan. Ikan asap juga bisa diolah menjadi sajian gulai, goreng, dan mangut untuk melunakan teksturnya.

Menurut Anis Yulita, manajer Javatoscana Garden Resto & Cafe, meskipun ikan asap bertahan lebih lama daripada olahan ikan lainnya, kualitas rasa dan teksturnya tidak sebagus ikan asap yang baru diolah.

Ikan asap menjadi menu favorit warga di Pamekasan untuk berbuka dan sahur selama Ramadhan.(KOMPAS.COM/TAUFIQURRAHMAN) "Saya belum pernah coba sampai lama banget, tetapi ikan asap bisa disimpan selama tiga hingga empat bulan," kata Anis.

Syaratnya, ikan asap harus dibungkus rapat atau divakum sebelum disimpan dalam waktu lama. Ikan asap juga tidak boleh disimpan di sembarang tempat.

Kamu harus membekukannya di freezer untuk memperpanjang umur simpannya. Anis menyarankan, sebaiknya ikan asap disimpan maksimal selama satu atau dua minggu.

"Semakin lama disimpan, semakin tidak enak rasanya. Kalau ikan asap disimpan lama, seperti makan ayam tanpa marinasi," ujarnya ketika ditemui Kompas.com di Javatoscana Garden Resto & Cafe, Selasa (24/10/2023). Aroma smokey dari ikan asap juga perlahan menghilang bila disimpan terlalu lama tanpa penanganan yang tepat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Berapa Lama Ikan Asap Bisa Disimpan?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/28/140800575/berapa-lama-ikan-asap-bisa-disimpan-.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm