Penampakan Tanjakan SpongeBob, jalan terjal yang menjadi jalan alternatif dari Kota Bandung menuju kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, Jumat (3/11/2023).(KOMPAS.COM/Bagus Puji Panuntun)
Penampakan Tanjakan SpongeBob, jalan terjal yang menjadi jalan alternatif dari Kota Bandung menuju kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, Jumat (3/11/2023).(KOMPAS.COM/Bagus Puji Panuntun) ( KOMPAS.COM)

Tips Aman Untuk Pakai Mobil Melibas Tanjakan Spongebob

5 November 2023 18:56 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Selain memiliki tenaga besar, mobil juga memiliki bobot kendaraan sehingga ketika digunakan untuk menanjak akan menjadi penghambat. Apalagi ketika harus melewati tanjakan tinggi seperti tanjakan Spongebob, di Lembang, Jawa Barat.

Maka dari itu, saat digunakan untuk melibas tanjakan tajam pengemudi harus pintar dalam mengoperasikan mobil dengan melakukan beberapa hal yang bisa meringankan beban kendaraan.

Simak tips melibas tanjakan tajam menggunakan mobil berkut ini!

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Centre, mengatakan ada beberapa cara untuk meningkatkan keberhasilan suatu mobil bisa melibas tanjakan tajam.

"Pertama, mengurangi beban kendaraan, dengan mengeluarkan penumpang. Sehingga, mobil lebih kuat untuk menanjak," ujar Marcell, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Marcell menjelaskan dengan menurunkan penumpang, maka beban kendaraan akan berkurang sehingga peluang mobil mampu melibas tanjakan lebih besar.

Selain mengurangi bobot penumpang dan muatan secara keseluruhan, Marcell menambahkan perlu juga memfokuskan kerja mesin untuk untuk menghasilkan tenaga dan menyalurkannya ke roda penggerak.

Cara itu menurut Marcell bisa dilakukan dengan mematikan AC, dengan demikian tenaga mesin tidak terbagi untuk menjalankan sistem lainnya.

"Terakhir, memastikan ban memiliki traksi dengan permukaan jalan, bisa dengan cara membelok-belokkan kemudi atau berjalan secara zig-zag," kata Marcell.

Menurut Marcell saat ban dibelokkan maka mencegah terjadinya spinning yang dapat menyebabkan ban kehilangan traksi dengan permukaan jalan.

Nah, itu tadi tips melibas tanjakan tajam menggunakan mobil yakni dengan mengurangi muatan kendaraan, mematikan AC dan menggunakan teknik zig-zag saat menanjak guna menjaga traksi roda penggerak dengan permukaan jalan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tips Aman Pakai Mobil Melibas Tanjakan Spongebob", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/05/114100115/tips-aman-pakai-mobil-melibas-tanjakan-spongebob.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm