Fan belt alias V-belt dianggap jauh lebih bagus dibandingkan rantai, jika digunakan untuk motor listrik(Kompas.com/Daafa Alhaqqy)
Fan belt alias V-belt dianggap jauh lebih bagus dibandingkan rantai, jika digunakan untuk motor listrik(Kompas.com/Daafa Alhaqqy) ( KOMPAS.COM)

Motor Listrik Beralih Memakai Fan Belt, Rantai Diprediksi Bakal Punah

6 November 2023 15:30 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Industri motor listrik kian mengalami perkembangan dari waktu ke waktu, terbukti dari bertambahnya jumlah produsen yang gencar mengeluarkan model-model baru.

Meskipun motor listrik memiliki model, desain dan spesifikasi yang beragam tergantung tiap-tiap produsen, ada satu kesamaan unik yang dijumpai, yakni mayoritas tidak lagi menggunakan rantai.

Fungsi utama dari rantai adalah untuk menyalurkan daya penggerak dari mesin ke roda belakang. Namun dewasa ini, komponen rantai nampaknya sudah mulai ditinggalkan.

Pasalnya, produsen nampak lebih menggemari fan belt atau v-belt untuk menyalurkan daya penggerak. Bahkan ada beberapa yang menggunakan dinamo langsung pada roda belakang, alias Hub-drive.

Salah satu produsen yang mengadopsi penggerak fan belt adalah PT Garda Energi Nasional Indonesia, melalui merek motor listrik Savart.

Garry Taifan, COO PT Garda Energi Nasional Indonesia menjelaskan, komponen fan belt memiliki lebih banyak keunggulan untuk motor listrik, dibandingkan dengan rantai.

Menurutnya, keunggulan utama adalah rolling resistance alias daya putar yang rendah hambatan. Hal ini akan meningkatkan efisiensi baterai dan performa, menjadi lebih bertenaga tapi tetap irit.

“Logikanya adalah, rantai itu berat dan bahannya pasti dari logam. Beda dengan fanbelt yang bahannya bisa dari serat karet, walaupun tebal masih lebih enteng,” ucapnya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Garry menambahkan, penggunaan rantai juga nampaknya mulai jarang ditemui pada motor-motor listrik lansiran terbaru. Menurutnya hal ini terbilang wajar, menimbang komponen logam ini sudah tertinggal.

“Buat motor konvensional mungkin (rantai) masih dipakai, tapi kalau buat motor listrik, udah enggak perlu. Mungkin ke depannya, enggak ada lagi (produsen) yang pakai,” kata dia.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm