Sosok Bung Tomo, pahlawan nasional Indonesia dan sebagai orator saat pertempuran 10 November
Sosok Bung Tomo, pahlawan nasional Indonesia dan sebagai orator saat pertempuran 10 November ( Kolase Foto: pahlawancenter.com/Tribunnews.com )

Sosok Bung Tomo Pahlawan Nasional Indonesia, Jadi Orator Pertempuran 10 November!

7 November 2023 08:28 WIB

SonoraBangka.id - Diketahui, sosok Bung Tomo adalah pahlawan nasional Indonesia dan sebagai orator saat pertempuran 10 November 1945.

Bung Tomo sukses berperan sebagai orator serta membakar semangat arek-arek Suroboyo untuk melawan kembalinya penjajah.

Peristiwa itu dikenal sebagai pertempuran 10 November 1945 yang diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Melansir Tribunnews.com, minat Bung Tomo pada bidang jurnalisme, hingga perjuangan saat bertempur di Surabaya pada 10 November 1945.

Dikutip dari perpustakaan.setneg.go.id, berikut kehidupan Bung Tomo, hingga perjuangan beliau saat pertempuran Surabaya 10 November 1945:

Bung Tomo dibesarkan dalam keluarga kelas menengah, dan juga keluarga yang sangat menghargai dan menjunjung tinggi pendidikan.

Ayah Bung Tomo bernama Kartawan Tjiptowidjojo yang merupakan seorang kepala keluarga dari kelas menengah.

Beliau pernah bekerja sebagai pegawai pemerintahan, sebagai staf pribadi di sebuah perusahaan swasta, sebagai asisten di kantor pajak pemerintah, dan pegawai kecil di perusahan ekspor-impor Belanda.

Bung Tomo suka bekerja keras untuk memperbaiki keadaan agar menjadi lebih baik. 

Saat beliau berusia 12 tahun, ketika ia terpaksa meninggalkan pendidikannya di MULO, Bung Tomo melakukan berbagai pekerjaan kecil-kecilan untuk mengatasi dampak depresi yang melanda dunia saat itu.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm