Ban meledak tiba-tiba bisa berakibat fatal.()
Ban meledak tiba-tiba bisa berakibat fatal.() ( KOMPAS.COM)

Kenapa Ban Mobil Bisa Meledak di Jalan?

7 November 2023 18:52 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Tak sedikit dijumpai ban mobil meledak di jalan tol. Ban meledak merupakan momok buat pengemudi mobil saat kondisi kencang karena kalau panik bisa menyebabkan kecelakaan.

Billy Cahyadi, Manager Produk dan Pelatihan PT Hankook Tire Sales Indonesia, mengatakan, banyak faktor yang menyebabkan ban meledak. Tapi, yang utama ialah faktor eksternal dan kesalahan manusia.

"Faktor eksternal pertama ialah terkena benda tajam seperti besi dan lainnya yang ada di jalanan," kata Billy kepada Kompas.com belum lama ini.

"Terus kedua karena kelalaian. Misalkan tekanan angin, tekanan angin ban tidak sesuai standar. Misalnya tekanan udaranya harus dikasih 80 digunakan dalam kecepatan tinggi pasti akan meledak," ungkapnya.

"Kenapa meledak, sebab sifat angin saat diputar di roda itu akan memuai, makin meningkat sehingga tekanan di dalamnya makin besar lagi apalagi dengan kecepatan tinggi panasnya luar biasa," kata Billy.

Meski demikian Billy mengatakan, ban pada dasarnya minim kemungkinan ban meledak jika tidak terjadi faktor eksternal.

"Tapi sebetulnya kalau tanpa dampak itu jarang meledak, yaitu ketika ada pengaruh dari luar. Jika tidak ada pengaruh, jarang ban meledak. Hampir bisa dikatakan tidak akan meledak," ujar Billy.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mengapa Ban Mobil Bisa Meledak di Jalan?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/07/102200815/mengapa-ban-mobil-bisa-meledak-di-jalan-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm