Motor listrik CFMoto Zeeho AE8(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA)
Motor listrik CFMoto Zeeho AE8(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA) ( KOMPAS.COM)

Yamaha Bersama CFMoto Produksi Motor Listrik di China

7 November 2023 19:29 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Yamaha kabarnya telah menjalin kemitraan dengan CFMoto melalui usaha patungan Yamaha Motor-CFMoto. Meski begitu, saat ini kemitraan kedua merek hanya untuk produksi kendaraan di pasar China.

Dilansir dari Visordown (6/11/2023), Yamaha Motor telah memposisikan China sebagai salah satu basis produksi dan penjualan yang penting.

Seperti diketahui, sejak tahun 1992, Yamaha telah memanfaatkan Jianche untuk memproduksi beberapa modelnya di China.

Tapi, hal tersebut akan berubah karena perusahaan patungan antara Yamaha dan CFMoto kini telah disepakati.

“Di luar itu, Yamaha Motor akan terus mendiskusikan arah joint venture dengan CFMoto ke depan dengan tujuan untuk lebih meningkatkan daya saing, namun saat ini belum ada kerja sama lain yang dilakukan,” tulis keterangan resmi Yamaha.

Kemitraan ini secara resmi akan dimulai pada bulan November dan akan diberi nama Zhuzhou CF Yamaha Motor C., LTD. (ZCYM).

Dalam rilis resminya, disebutkan bahwa perseroan akan memiliki 500 karyawan, dan pemegang sahamnya adalah CFMoto (50 persen), Yamaha Motor (44,23 persen), dan Tair Lea LTD (5,77 persen).

Adapun, bisnis usaha patungan produksi dan penjualan motor ini akan berbasis di Kota Zhuzhou, Provinsi Hunan, China.

Sebelumnya, Jianche mengkhususkan diri pada sepeda motor dan skuter berkapasitas rendah 125 cc, dan belum jelas apakah kerja sama Yamaha dengan CFMoto akan menghasilkan lebih dari sekadar sepeda motor berkapasitas kecil.

Sangat mungkin juga bahwa suatu saat nanti, Yamaha akan mengalihkan sebagian produksi ATV-nya ke CFMoto, mengingat segmen tersebut cukup ramai oleh merek China.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Yamaha dan CFMoto Produksi Motor Listrik di China", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/07/112200315/yamaha-dan-cfmoto-produksi-motor-listrik-di-china.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm