Ilustrasi ishi yaki imo atau ubi manis yang dibakar di atas batu. Makanan ini muncul dalam adegan anime Spirited Away.
Ilustrasi ishi yaki imo atau ubi manis yang dibakar di atas batu. Makanan ini muncul dalam adegan anime Spirited Away. ( SHUTTERSTOCK/PIYASET)

Bisa Menjaga Berat Badan Ideal, Berikut 10 Manfaat Kesehatan Ubi Manis

8 November 2023 15:44 WIB

SonoraBangka.id - Ubi manis merupakan salah satu sumber karbohidrat penting yang dapat dijadikan pengganti nasi. Ubi manis biasanya diolah menjadi camilan, ternyata memiliki banyak khasiat baik untuk kesehatan tubuh.

Mengonsumsi ubi manis dapat menjaga berat badan ideal karena mengandung mineral dan vitamin, membantu metabolisme. Simak manfaat kesehatan ubi manis, dikutip dari majalah "Sedap / ED 10 2016" (2016) karya Sedap terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. 

1. Menjaga kesehatan mata 

Ubi manis mengandung vitamin A, mempunyai banyak fungsi salah satu yang utama adalah menjaga kesehatan mata.

2. Sumber vitamin C

Meskipun bukan kelompok buah dan sayur, ubi merupakan sumber vitamin C, untuk itu sebaiknya ubi manis dimasak dengan cara dikukus agar kandungan vitamin tidak hilang.

3. Mengatur kadar gula darah

Mineral yang ada pada ubi manis memiliki beberapa fungsi, anatara lain menjaga kesehatan kulit, tulang, dan mengatur kadar gula darah.

4. Sumber antioksidan

Apa pun warnanya, ubi manis adalah sumber antioksidan. Salah satu antioksidan penting adalah betakaroten uang banyak terdapat di dalam ubi berwarna kuning jingga. Antioksidan memiliki banyak fungsi, yaitu menjaga keremajaan sel-sel tubuh. Betakaroten ini akan diserap lebih optimal jika ubi dihidangkan dengan bahan yang mengandung sedikit minyak.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm