Ilustrasi saus tomat atau saus pasta.
Ilustrasi saus tomat atau saus pasta. ( SHUTTERSTOCK/Goskova Tatiana)

Berikut Ini 5 Jenis Saus Dasar pada Masakan Khas Perancis

8 November 2023 16:04 WIB

SonoraBangka.id - Masakan Perancis terkenal dengan beragam saus yang dapat memperkaya rasa hidangan. Ada lima jenis saus dasar pada masakan Perancis atau kerap disebut mother of sauce yaitu hollandaise, espagnole, veloute, bechamel, dan tomat.

Kelima saus itu berperan penting dalam hidangan khas Perancis. Saus hollandaise misalnya, sering digunakan untuk sajian sarapan seperti eggs benedict dan cocolan asparagus. Melansir Martha Stewart, simak lebih lengkap tentang lima jenis saus dasar khas Perancis. 

1. Saus veloute

Terdapat tiga bahan yang dibutuhkan untuk membuat saus veloute yaitu kaldu dari daging sapi muda, ayam, atau ikan; selanjutnya mentega dan tepung. Saus putih yang ringan dan lembut ini dapat digunakan sebagai bahan dasar kuah, sup, atau sebagai saus pendamping makan olahan unggas.

Veloute juga menjadi kunci dalam makanan tradisional Perancis yang terdiri dari potongan ayam bertulang direbus dalam anggur putih dengan bacon, wortel, dan jamur. Masakan itu disebut coq au Vin Blanc. 

2. Saus bechamel 

Bechamel awalnya dikenal sebagai salsa cola atau colleta yang berarti “saus lem” karena konsistensinya kental dan lengket. Saus krim ini terbuat dari mentega, tepung, susu panas, lada putih, dan garam.

Bechamel menjadi bahan dasar hidangan makanan rumahan seperti mac and cheese serta gratin kentang klasik. Bechamel juga merupakan bahan utama dalam sandwich klasik Perancis. 

Kombinasi antara saus bechamel, keju, dan roti panggang menjadikan sandwich ini sebagai hidangan yang populer di Perancis dan beberapa negara lain.

3. Saus tomat

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm