Ilustrasi bubur ayam atau bubur daging.
Ilustrasi bubur ayam atau bubur daging. ( Dok. Shutterstock/jreika)

Mudah Diikuti, Berikut 10 Cara Membuat Bubur Nasi yang Teksturnya Pas

8 November 2023 20:11 WIB

SonoraBangka.id - Sedang ingin membuat bubur nasi di rumah? Kamu perlu mengtahui beberapa tips memasak bubur agar teksturnya lebih pas, tidak berair atau terlalu padat seperti nasi.

Selain untuk menjaga teksturnya pas dan sesuai selera, jika salah langkah dalam membuat bubur maka hasilnya jadi lengket bahkan gosong dan mengerak di dasar panci.

1. Pentingnya merendam beras

Dilansir dari laman Kompas.com, Executive Chef Grand Dafam Hotel Banjar Baru, Bambang Adi menyarankan untuk merendam dulu beras selama beberapa saat. Proses rendam beras sebelum diolah menjadi bubur nasi bisa membuat hasilnya lebih lembut saat dinikmati.

2. Tambah dengan tumisan jahe

Ada penggunaan tumisan jahe, bawang putih, dan minyak yang ditambahkan ke dalam beras. Cara ini membuat bubur tidak lengket karena ada penggunaan minyak sebagai bahan campurannya.

3. Penggunaan jahe dan bawang putih

Selain penggunaan minyak, adanya tumisan jahe dan bawang putih pada beras membuat cita rasanya lebih sedap dan gurih.

4. Gunakan panci stainless

Chef Bambang menyarankan untuk menggunakan jenis panci dari stainless atau yang ada lapisan antilengketnya. Panci tersebut bisa digunakan saat mencampur beras dengan tumisan bumbu. “Panci kan ada yang stainless dan ada yang biasa. Nah kita sarankan yang stainless atau anti lengket, kalau enggak ada panci biasa juga enggak apa-apa.”

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm