Ilustrasi mencuci buah dan sayuran.
Ilustrasi mencuci buah dan sayuran. ( Shutterstock/Africa Studio)

Dalam Sehari, Berapa Banyak Sebaiknya Makan Buah dan Sayur?

8 November 2023 20:14 WIB

SonoraBangka.id - Buah dan sayur merupakan komponen penting dari pola makan sehat. Kurangnya konsumsi buah dan sayur dikaitkan dengan kesehatan yang buruk dan peningkatan risiko penyakit tidak menular (PTM).

Penyakit tidak menular ialah penyakit yang tidak menular melalui infeksi atau orang lain, melainkan disebabkan oleh perilaku tidak sehat. Menurut WHO, sekitar 3,9 juta kematian di seluruh dunia disebabkan oleh kurangnya konsumsi buah dan sayuran pada tahun 2017.

Kurangnya asupan buah dan sayuran diperkirakan menyebabkan sekitar 14 persen kematian akibat kanker saluran cerna di seluruh dunia, sekitar 11 persen kematian disebabkan oleh penyakit jantung iskemik, dan sekitar 9 persen kematian akibat stroke.

Makan buah dan sayur dengan porsi tepat dapat mengurangi risiko beberapa penyakit tidak menular termasuk penyakit kardiovaskular dan jenis kanker tertentu. Buah dan sayur yang dikonsumsi saat menjalani pola makan sehat rendah lemak, gula, dan garam dapat membantu mencegah penambahan berat badan.

Di samping itu, dapat mengurangi risiko obesitas yang merupakan faktor risiko independen untuk PTM. Terlebih lagi, buah dan sayur kaya akan vitamin, mineral, serat, dan sejumlah zat non-gizi yang bermanfaat termasuk sterol, flavonoid dan antioksidan lainnya. Lihat Foto Ilustrasi mencuci buah dan sayuran.

WHO menyarankan untuk mengonsumsi lebih dari 400 gram buah dan sayuran per hari, tepatnya 250 gram sayur dan 150 gram buah. Makan sayur dan buah dapat dibagi menjadi lima porsi makan per hari. Kentang, ubi jalar, singkong, dan tanaman umbi-umbian bertepung lainnya tidak diklasifikasikan sebagai buah atau sayuran.

Menambahkan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, sebanyak 300 sampai 400 gram buah dan sayur per hari sebaiknya dikonsumsi oleh balita dan anak usia sekolah.

Sementara itu, remaja dan orang dewasa dianjurkan mengonsumsi 400 hingga 600 gram buah dan sayur per hari. Sama seperti anjuran WHO, jumlah sayur sebaiknya 2/3 bagian lebih banyak daripada buah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Berapa Banyak Sebaiknya Makan Buah dan Sayur dalam Sehari?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/26/203600275/berapa-banyak-sebaiknya-makan-buah-dan-sayur-dalam-sehari-.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm