Polisi menenangkan pengendara motor yang emosi saat kena tilang uji emisi di Jakarta Barat (Kompas.com/Daafa Alhaqqy)
Polisi menenangkan pengendara motor yang emosi saat kena tilang uji emisi di Jakarta Barat (Kompas.com/Daafa Alhaqqy) ( KOMPAS.COM)

Denda Tilang Tak Bisa Dikembalikan, Ini Untuk Dasar Hukum Masuk Kas Negara

8 November 2023 21:25 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Belum lama ini dihentikannya tilang terhadap pelanggar emisi gas buang kendaraan bermotor oleh Ditlantas Polda Metro Jaya menjadi topik yang menarik perhatian masyarakat.

Polisi terkesan maju mundur atau tidak konsisten dalam menjalankan kebijakan tilang terhadap emisi gas buang.

Sebagai gantinya ke depan polisi akan tetap akan melakukan razia tapi hanya akan memberikan imbauan kepada pengguna yang melakukan pelanggaran tidak melakukan servis kendaraan.

Karena tidak konsisten hal ini dianggap merugikan sebagian pengguna kendaraan yang sudah terkena tilang sebelumnya.

Muncul pendapat bahwa pelanggar emisi gas buang yang sudah kena tilang sebelumnya supaya dianulir dan uangnya dikembalikan.

Kepala Satgas Polusi Udara Polda Metro Jaya, Kombes Nurcholis, menjelaskan denda tersebut tidak dapat dikembalikan dan akan masuk ke kas negara. Ketentuan ini sama dan berlaku pula untuk tilang-tilang lain pada umumnya.

“Enggak ada perubahan, aturannya (tilang uji emisi) tetap sama seperti yang dulu,” ucapnya saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (3/11/2023).

Budiyanto, pemerhati masalah transportasi dan hukum mengatakan, denda tilang tidak bisa dikembalikan atau dianulir sesuai pada Pasal 211-216 KUHAP, kemudian Pasal 267-269 Undang-Undang Lalu Lintas & Angkutan Jalan serta Perma No 12 tahun 2016 tentang tata cara penyelesaian terhadap perkara pelanggaran lalu lintas.

"Penyelesaian perkara terhadap pelanggaran lalu-lintas menggunakan acara cepat. Dalam acara cepat bahwa untuk pelanggaran lalu lintas tidak diperlukan berita acara (BA) pemeriksaan, oleh karena itu catatan (tilang) segera diserahkan kepada pengadilan selambat-lambatnya pada kesempatan hari sidang berikutnya (Pasal 212 KUHAP)," kata Budiyanto dalam keterangannya, Rabu (8/11/2023).

Kemudian kata Budiyanto, di dalam UU LLAJ Pasal 267 UU No 22 tahun 2009 ayat 1 disebutkan sanksi yang diberikan bisa berupa pidana.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm