Disperindag Provinsi Bangka Belitung saat sidak ketersediaan dan harga gula pasar pembangunan Kota Pangkalpinang, Kamis (9/11/2023).
Disperindag Provinsi Bangka Belitung saat sidak ketersediaan dan harga gula pasar pembangunan Kota Pangkalpinang, Kamis (9/11/2023). ( istimewa)

Disperindag Babel Gelar Sidak ke Distributor dan Pasar untuk Mengecek Ketersediaan dan Harga Gula Pasir

10 November 2023 08:53 WIB

SonoraBangka.id - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Bangka Belitung, melakukan sidak dengan menerjunkan tim pengawasan dan pemantauan langsung ke distributor, ritel dan juga pasar tradisional di Kota Pangkalpinang, Kamis (9/11/2023).

Sidak tersebut dilakukan menyingkapi informasi harga gula yang merangkak naik dan stok yang langka di masyarakat.

Kepala Disperindag Bangka Belitung, Tarmin mengatakan, dari hasil pengecekan di lapangan ia memastikan jika stok gula curah dan gula kemasan masih aman sampai Bulan Desember 2023.

“Hasil pemantauan yang kita lakukan oleh Tim kita, hasilnya stok gula masih aman dan normal seperti biasanya di tingkat distributor dan pengecer. Berarti statusnya aman,” ujar Tarmin, pada keterangan yang diterima Bangkapos.com.

Tarmin juga menyebtukan, harga gula pasir yang di jual oleh di sejumlah pedagang di pasar tradisional dan ritel masih relatif aman, di kisaran Rp16 ribu perkilogram sampai dengan harga Rp16 ribu 500 perkilogram.

"Mengenai adanya kenaikan harga jual gula,  karena ada kenaikan harga gula secara nasional, didalam negeri maupun di tingkat internasional," sebutnya.

Menurutnya, harga jual tersebut mengacu pada surat edaran Badan Ketahanan Pangan Nasional, bernomor : 1105/B/11/2023, tentang harga gula yang di tetapkan tanggal 3 November 2023 lalu.

Keluarnya surat edaran Badan Ketahanan Pangan Nasional, terkait penyesuaian harga gula konsumsi di tingkat konsumen. 

"Ini berdasarkan hasil rapat koordinasi lintas kementerian dan lembaga pada tanggal tanggal 31 Oktober 2023. Surat edaran tersebut sudah disebarkan ke asosiasi pengusaha retail, HIPPINDO, APRINDO dan lembaga lainya,” katanya. 

Oleh sebab itu dirinya menghimbau, kepada seluruh lapisan masyarakat di Bangka Belitung untuk jangan panic buying.

"Jadi (masyarakat) tidak usah panik dalam menghadapi isu stok gula dan harga gula naik, sebab hasil pemantauan stok dan harga gula statusnya aman dan terkendali," tukasnya.


Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Cek Ketersediaan dan Harga Gula Pasir, Disperindag Babel Gelar Sidak ke Distributor dan Pasar, https://bangka.tribunnews.com/2023/11/09/cek-ketersediaan-dan-harga-gula-pasir-disperindag-babel-gelar-sidak-ke-distributor-dan-pasar.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm