Ilustrasi seafood.
Ilustrasi seafood. ( DOK.SHUTTERSTOCK/Michaelnero)

Berikut Ini 4 Cara Masak Seafood Tetap Segar dan Enak

12 November 2023 15:07 WIB

SonoraBangka.id - Seafood sebaiknya tidak disimpan lama. Boga bahari paling baik dibiarkan segar, sebelum dimasak dan dikonsumsi. Alasannya, cita rasa seafood lebih manis dan menyegarkan bila dimasak saat segar, tidak disimpan lama di kulkas maupun freezer.

Seafood segar ini tersedia di Lembur Kuring &  Seafood Cimanggis, diolah langsung oleh koki dalam waktu singkat. Koki Lembur Kuring & Seafood Cimanggis menjelaskan cara mengolah seafood segar agar lebih nikmat disantap berikut ini.

1. Olah seafood langsung saat hari membelinya

Jika memungkinkan, simpan ikan, udang, kepiting, dan biota laut lainnya di dalam akuarium khusus. Namun, bila tidak ada akuarium yang mumpuni, sebaiknya beli seafood saat masih segar dan masak pada hari yang sama. Biota laut boleh saja disimpan, tetapi kualitasnya tidak akan menurun semakin lama disimpan.

2. Jangan masak terlalu lama

Masak air dan biarkan mendidih, lalu masukkan bahan makanan segar ini ke dalamnya. "Masukkan seafood (biota laut) ke dalam air mendidih, cemplungkan dan langsung diangkat," katanya ketika ditemui Kompas.com di Lembur Kuring & Seafood Cimanggis, Rabu (8/11/2023).

Tidak perlu lama memasak seafood dalam air mendidih agar teksturnya juicy, tidak alot atau mengeras. Menurut ia, memasak seafood dalam air mendidih cukup dilakukan dalam waktu kurang dari satu menit.

3. Masak dengan suhu tinggi

Pengelola Lembur Kuring & Seafood, menambahkan bahwa seafood harus dimasak dengan suhu tinggi. "Kalau kami, biasanya menggunakan high pressure supaya warnanya tidak berubah dan tekstur juicy-nya tidak hilang," kata dia.

4. Sajikan dengan saus

Kelebihan memasak seafood segar adalah rasa manisnya yang bertahan, menambah nikmat sajian meskipun tidak dimasak dengan banyak bumbu. Namun, untuk meningkatkan cita rasa sajiannya, ia menyarankan, sebaiknya sajikan seafood dengan saus. Misalnya, saus lada hitam, saus padang, saus madu, hingga, saus bakar jimbaran.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Masak Seafood Tetap Segar dan Enak, Jangan Masak Terlalu Lama", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/11/10/080500975/4-cara-masak-seafood-tetap-segar-dan-enak-jangan-masak-terlalu-lama?page=all#page2.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm