Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi
Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi ( KOMPAS.com)

Pemerintah Percepat Impor Beras untuk Cadangan Nasional

13 November 2023 17:24 WIB

SonoraBangka.ID - Badan Pangan Nasional (Bapanas) mendorong percepatan realisasi impor beras untuk menjaga stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP) tetap aman dan sesuai target pemerintah.

Adapun dalam waktu dekat, pemerintah akan segera mendatangkan beras impor 1 juta ton secara bertahap dari penugasan impor sebesar 1,5 juta ton oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi mengatakan, percepatan realisasi importasi beras ini dilakukan secara terukur untuk memastikan ketersediaan beras aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, khususnya masyarakat berpendapatan rendah.

“Jadi hari ini kita lakukan importasi, tapi importasi yang terukur karena tetap menjaga harga di tingkat petani berada di atas biaya produksi dan margin petani. Harga di tingkat petani jangan sampai jatuh, sehingga petani tetap semangat berproduksi,” ujar Arief dalam siaran persnya, Senin (13/11/2023).

Oleh karena itu, percepatan realisasi importasi terus digenjot Perum Bulog dengan memperbanyak destinasi pelabuhan penerima.

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengatakan, pihaknya berkoordinasi dengan Pelindo yang melayani tiga shift (24 jam), sehingga mampu mempercepat layanan bongkar pada kapal yang membawa beras impor.

“Untuk percepatan realisasi impor beras ini kita langsung tujukan kepada 28 pelabuhan penerima di seluruh Indonesia. Tadinya hanya 17 pelabuhan, namun dalam rangka percepatan, kita tambah 11 pelabuhan lagi jadi total ada 28 pelabuhan penerima,” ujar Budi Waseso.

Arief menambahkan, importasi yang dilakukan pemerintah hanya untuk pemenuhan stok CBP yang harus dimiliki oleh Perum Bulog dalam mengamankan stabilitas pasokan dan harga beras.

Ia menegaskan, penggunaan CBP hanya diperuntukan ke program-program pemerintah dalam rangka intervensi pasar dan bantuan ke masyarakat.

“Sesuai dengan arahan Bapak Presiden Joko Widodo (Jokowi), program bantuan pangan beras ini juga diperpanjang hingga Desember 2023 dan nanti di tahun depan juga kita akan siapkan untuk bantuan pangannya hingga Juni 2024,” ungkap Arief.

Lebih lanjut, Arief memaparkan, perkembangan stok CBP yang ada saat ini aman di angka 1,3 juta ton. Per 13 November, sumber pengadaan CBP yang bersumber dari dalam negeri sejumlah 912.000 ton.

Selanjutnya total CBP yang telah disalurkan telah mencapai 2,1 juta ton dalam berbagai bentuk program antara lain SPHP 885.000 ton, bantuan pangan beras tahap pertama 640.000 ton, bantuan pangan beras tahap kedua 537 .000 ton, golongan anggaran 69.000 ton, dan tanggap darurat 2.300 ton.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemerintah Percepat Impor Beras untuk Cadangan Nasional", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/11/13/154753426/pemerintah-percepat-impor-beras-untuk-cadangan-nasional.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm