PLN mulai dirikan SPKLU di IKN(Dok. PLN)
PLN mulai dirikan SPKLU di IKN(Dok. PLN) ( KOMPAS.COM)

PLN Mau Bangun 26 SPKLU di Kawasan IKN

13 November 2023 21:29 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah PT PLN (Persero) memastikan bakal mendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang memiliki konsep kota hutal alias forest city dengan didukung teknologi pintar, hijau, serta ramah lingkungan.

Salah satu dukungan dimaksud ialah menyediakan fasilitas pendukung kendaraan listrik di IKN, yaitu Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Sebab, semua transportasi yang digunakan di sana nantinya akan ramah lingkungan berbasis listrik.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, hingga September 2023 pihaknya sudah menyediakan 2 unit SPKLU. Nantinya, akan ditambah 5 SPKLU berkemampuan Ultra Fast Charging di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, seperti Istana Presiden.

"Karena IKN ini akan menjadi kota yang futuristik, di mana semua moda transportasi yang digunakan harus ramah lingkungan. Maka, kami siap mendukung kebutuhan infrastruktur untuk pengisian daya kendaraan listrik," katanya dalam siaran pers, Minggu (12/11/2023).

Tidak berhenti di sana, Darmawan juga menyebut bahwa pada tahun depan pihak PLN akan menambah 19 SPKLU di wilayah yang sama. Sehingga total akan ada 26 SPKLU yang siap digunakan hingga 2024.

Untuk membangun ekosistem kendaraan listrik di IKN, PLN perlu bekerja sama dengan berbagai pihak. Untuk itu, perseroan membuka peluang kolaborasi dengan berbagai pihak dalam pengadaan SPKLU ataupun Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) untuk motor di IKN.

“Selain kami akan membangun SPKLU secara mandiri, kami juga akan bekerja sama dengan pemilik pusat perbelanjaan, rumah sakit, dan perkantoran yang ada di IKN,” kata dia.

Darmawan menambahkan, PLN juga akan menyediakan SPKLU di kota-kota penyangga IKN, seperti di Balikpapan dan Samarinda. Ditargetkan hingga 2024 mendatang, akan ada 31 unit SPKLU yang beroperasi dari saat ini hanya 9 unit.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PLN Mau Bangun 26 SPKLU di IKN", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/13/102200315/pln-mau-bangun-26-spklu-di-ikn.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm