Pempek Jambi Ny. Kleta.
Pempek Jambi Ny. Kleta. ( KOMPAS.com/Miftahul Rizky)

Dari Pilihan Ikan sampai Cuko, Berikut 6 Cara Membuat Pempek Enak

14 November 2023 18:23 WIB

SonoraBangka.id - Ada beragam faktor biar pempek yang kamu bikin berhasil dan menjadi enak. Biasanya orang mencari pempek yang teksturnya padat tetapi tidak keras, rasanya ikan banget, dan rasa cukonya asam manis segar.

Dari situ bisa dilihat hal yang perlu diperhatikan ketika membuat pempek yaitu pemilihan ikan, proses mengadon pempek, perebusan, sampai pembuatan cuko. Majalah "Sedap/ED 01 2015" karya tim Sedap terbitan Gramedia Pustaka Utama membagikan tips membuat pempek enak yang bisa kamu praktikkan di rumah.

1. Pilih ikan segar bertekstur lengket

Sebaiknya pilih ikan yang masih segar agar kualitas pempek bagus. Selain itu, ikan segar biasanya bertekstur lengket. Penting memilih daging ikan yang teksturnya lengket. Orang Palembang biasanya menggunakan ikan belida tetapi kini sulit didapat. 

Ikan belida dapat diganti dengan ikan gabus atau ikan tenggiri. Sebaiknya pilih ikan tenggiri yang bentuknya gepeng karena teksturnya lebih lengket. Dinginkan dulu ikan sebelum dihaluskan pakai blender agar semakin kenyal.

2. Campur adonan ikan dengan tepung terigu

Campur adonan ikan yang dingin tadi dengan tepung terigu. Larutkan dulu tepung terigu dengan air agar menjadi bubur. Dinginkan juga bubur tepung ini. Setelah adonan ikan maupun bubur tepung dingin, uleni menggunakan tangan.

Dalam hal ini mungkin kamu kedinginan sehingga boleh saja pakai sarung tangan jika nyaman. Selain tepung terigu, tambahkan pula tepung sagu. Usahakan takaran tepung sagu tidak lebih dari setengah berat ikan.

Setelah tepung sagu dimasukkan ke dalam adonan ikan, cukup diaduk. Pasalnya, menguleni adonan ikan dengan tepung sagu dapat menghasilkan tekstur pempek yang keras.

3. Isi pempek kapal selam jangan sampai penuh

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm