Ilustrasi kentang tumbuk halus.
Ilustrasi kentang tumbuk halus. ( DOK.SHUTTERSTOCK/DronG)

11 Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Tidak Dihaluskan dengan Blender

14 November 2023 18:34 WIB

SonoraBangka.id - Beberapa bahan makanan dan minuman tidak disarankan untuk dihaluskan menggunakan blender. Pasalnya, kandungan bahan, tekstur, dan bau makanan dapat menyebabkan pisau blender tumpul atau menurunkan kualitas bahan makanan itu sendiri.

Dilansir dari Eating Well, simak 11 bahan makanan dan minuman yang sebaiknya tidak dihaluskan dengan blender berikut ini.

1. Es batu

Es batu sering dihaluskan menggunakan blender biasanya jadi campuran jus. Namun, es batu tidak selalu aman dihaluskan dengan blender. Hal ini bergantung dengan saran penggunaan blender masing-masing.

Namun, secara umum, es batu dengan potongan besar sebaiknya tidak dimasukkan ke dalam blender. Alasannya, es batu besar sulit halus dan bisa membuat pisau blender menjadi tumpul bahkan rusak. 

2. Cairan panas

Cairan apapun yang bersuhu panas tidak boleh dimasukkan ke dalam blender karena bisa merusak. Pasalnya, cairan panas akan mengeluarkan uap dan menciptakanan tekanan dalam blender sehingga berpotensi meledak. Biarkan cairan panas di suhu ruang selama 10 menit hingga dingin, baru bisa dimasukkan ke dalam blender. 

3. Biji kopi

Jangan memasukkan biji kopi ke dalam blender karena bisa mengubah rasa kopi dan merusak hasil gilingannya. Gunakan alat yang sesuai, seperti penggiling kopi khusus, untuk mengubah biji kopi menjadi bubuk.

4. Kentang

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm