Hyundai Ioniq 5 banyak diminati untuk test drive di IIMS 2023(KOMPAS.com/Daafa)
Hyundai Ioniq 5 banyak diminati untuk test drive di IIMS 2023(KOMPAS.com/Daafa) ( KOMPAS.COM)

Pasar Untuk Kendaraan Listrik Bekas Diklaim Belum Berkembang

15 November 2023 14:29 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Memasuki penghujung 2023, industri kendaraan listrik di Indonesia, khususnya motor listrik, semakin berkembang dan meluas. Hal ini terbukti dengan banyaknya produk-produk baru yang semakin beragam.

Kendati demikian, masih ada satu pembeda besar antara kendaraan konvensional berbahan bakar minyak (BBM), dengan kendaraan listrik.

Pembeda tersebut adalah keberadaan pasar atau bursa kendaraan bekas. Hal semacam ini masih sangat jarang dijumpai untuk kendaran listrik berbasis baterai (KLBB).

Tenggono Chuandra Phoa, Sekretaris Jenderal Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) menjelaskan, kondisi ini dinilai sebagai tantangan yang sayangnya, cuma bisa diselesaikan oleh waktu.

“Pasar kendaraan listrik bekas di kita (indonesia) masih belum berkembang ya. Masih Sangat memerlukan waktu,” ucapnya kepada Kompas.com, Jumat (10/11/2023).

Menurut Tenggono, kendaraan listrik masih dianggap sebagai moda transportasi baru dan dalam proses penerimaan bagi masyarakat. Karenanya, wajar saja kalau pasar bekas masih belum banyak tersedia.

“Kendaraan listrik ini kan baru dari 2023, baru ramainya sejak awal tahun ini,” ucapnya.

Dia menganggap, pasar kendaraan listrik bekas nampaknya baru bisa berjalan setelah setidaknya 10 persen masyarakat di Indonesia sudah beralih ke KLBB.

“Yang sekarang sudah pakai (kendaraan listrik) kan bisa dibilang pemula, itu harus diikuti oleh pengguna-pengguna lainnya dulu, supaya jumlahnya bisa banyak,” ucapnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pasar Kendaraan Listrik Bekas Diklaim Belum Berkembang", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/15/071200415/pasar-kendaraan-listrik-bekas-diklaim-belum-berkembang.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm