Ilustrasi
Ilustrasi ( )

Yuk Pahami Sikap Anak yang Jadi Ciri-Ciri Pelaku Bullying Ini, Orangtua Harus Tahu!

15 November 2023 15:42 WIB

SonoraBangka.id - Diketahui, F siswa sekolah dasar negeri (SDN) di Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi kakinya harus diamputasi usai disleding temannya.

Bocah berusia 12 tahun ini ternyata juga kerap menerima olok-olok di sekolah.

Hal itu disampaikan oleh ibunda F, Diana (40).

Ia mengatakan, aksi olok-olok itu telah terjadi sebelum anaknya "disleding".

"Sebelum itu (disleding) sering diolok-olok 'Anak Mama', 'Sok kegantengan', kayak gitu," imbuh Diana saat dihubungi, Selasa (31/10).

Diana menilai, kata-kata tersebut menjatuhkan mental anaknya.

Padahal, F selalu maju ke depan kelas saat pembelajaran.

"Anak saya sering maju kalau di kelas. Jadi ya itu menjatuhkan mental," ujarnya.

Akademisi Universitas Brawijaya (UB), Ari Pratiwi mengatakan salah satu faktor anak bisa menjadi pelaku bullying adalah akses informasi ke medsos yang kurang pengawasan.

"Masalah perilaku pada anak juga seringkali disebabkan dari rumah. Sekarang banyak juga keluarga yang disfungsional, misal kekerasan dalam keluarga, tidak berfungsi sebagaimana keluarga. Jadi semoga ke depan hal ini juga menjadi concern pemerintah, sekolah, dan orangtua itu sendiri," kata dia.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm