Paket modifikasi audio mobil, terdiri dart tweeter, speaker, dan subwoofer. Harganya mulai Rp 7,5 Juta(Kompas.com/Daafa Alhaqqy)
Paket modifikasi audio mobil, terdiri dart tweeter, speaker, dan subwoofer. Harganya mulai Rp 7,5 Juta(Kompas.com/Daafa Alhaqqy) ( KOMPAS.COM)

Biaya Untuk Modifikasi Audio Mobil mulai Rp 7,5 Jutaan

16 November 2023 14:50 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Bagi konsumen yang hendak meningkatkan mobil pribadi, modifikasi audio bisa menjadi salah satu opsi menarik yang patut dipertimbangkan.

Kualitas audio mungkin sesuatu yang dinilai tidak terlalu penting oleh sebagian orang. Tapi jangan salah, audio mobil berkualitas baik ternyata bisa menimbulkan kecanduan.

Modifikasi audio saat ini juga sudah tidak terlalu mahal. Cukup dengan banderol terjangkau, konsumen bisa mendapatkan upgrade kualitas suara prima untuk mobil.

Tedy Junaidi, Owner Bengkel Spesialis Audio Niki Motor Tangerang, mengklaim kalau modifikasi audio mobil bisa meningkatkan kualitas suara hingga berkali-kali lipat.

Jika dibandingkan dengan bawaan pabrik, kualitasnya pasti akan sangat terasa. Banderolnya pun juga cukup terjangkau.

“Bedanya pasti terasa sekali kalau sudah modif audio. Enggak perlu punya telinga yang super sensitif, intinya pasti lebih enjoy kalau dengerin lagu di mobil,” ucapnya kepada Kompas.com di BSD, Tangerang, Rabu (15/11/2023).

Bengkel Tedy menawarkan segala macam paket modifikasi audio, mulai dari level pemula di harga Rp 7,5 juta, sampai level premium untuk kompetisi di harga ratusan juta rupiah.

Menurutnya, paket termurah saja sudah bisa menawarkan banyak keuntungan untuk konsumen, dan efeknya pasti sudah terasa.

“Kalau masih pemula dan mau coba-coba, bisa ambil paket termurah dulu. Itu sudah cukup banget,” kata Tedy.

Untuk paket pemula, konsumen akan mendapatkan unit Digital Signal Processor (DSP), set tweeter dan speaker OEM, dan subwoofer. Semua ini bisa didapatkan dengan banderol sekitar Rp 7,5 juta sampai Rp 7,9 juta.

Tedy memberikan satu analogi, audio mobil bisa diibaratkan seperti menonton video di YouTube, yang memiliki bermacam opsi resolusi.

Kualitas audio mobil pada umumnya bisa dianggap serupa dengan resolusi 360p, alias standar saja. Namun setelah dimodifikasi, kualitasnya bisa langsung melejit hingga 1080p, 2K, bahkan 4k.

“Paling enak contohnya pakai resolusi video ya. Kalau sudah nonton video yang resolusinya 2K, pasti enggak nyaman kalau balik ke 360p, kurang lebihnya begitu,” kata Teddy.

Proses pengerjaan audio juga diklaim tidak memakan waktu lama, sekitar 4 jam sampai 6 jam saja, dan konsumen bisa menunggu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Biaya Modifikasi Audio Mobil mulai Rp 7,5 Jutaan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/16/071200615/biaya-modifikasi-audio-mobil-mulai-rp-7-5-jutaan?page=all#page2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm