Ilustrasi talang air kaca mobil(Dicky Aditya Wijaya)
Ilustrasi talang air kaca mobil(Dicky Aditya Wijaya) ( KOMPAS.COM)

Pentingnya Untuk Pasang Talang Air Mobil Saat Musim Hujan

16 November 2023 18:25 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Door visor atau juga dikenal dengan talang air merupakan salah satu komponen penting pada mobil, sebab dapat memberikan perlindungan tambahan dari cipratan air hujan.

Meski begitu, masih ada pemilik mobil tidak sepenuhnya memahami betapa pentingnya penggunaan talang air, bahkan menganggap sektor tersebut hanya aksesoris kendaraan agar lebih menarik.

Iwan, Pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic mengatakan, talang air mobil memiliki peran penting dan sangat berpengaruh untuk mobil, apalagi ketika musim hujan.

“Kalau fungsi pokoknya untuk menghindari air hujan ke dalam kabin,” kata Iwan kepada Kompas.com belum lama ini.

Sehingga air hujan dari permukaan atap mobil dan kaca depan bisa mengalir ke arah lain, atau menjauh dari pintu dan jendela.

Selain itu, talang air pada mobil bisa melindungi berbagai komponen kelistrikan dari air hujan.

“Fungsi lainnya untuk melindungi komponen mobil yang mengandung kelistrikan seperti, sakelar dari cipratan air hujan karena ini bisa berbahaya.

Iwan juga mengatakan, talang air pada mobil bisa mengurangi embun pada kaca jendela. Tapi, pada umumnya pemilik kendaraan memasang komponen ini hanya untuk menambah tampilan mobil.

Hal serupa juga dikatakan, Dealer Technical Support Dept PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi, berkat adanya talang air pada mobil, berbagai tombol elektrik yang menempel di door trim ataupun setir kemudi, tidak mengalami korsleting.

“Talang air juga memiliki fungsi untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari guyuran air hujan saat membuka jendela mobil,” katanya.

“Jadi, air dari atap dibuang ke depan dan belakang supaya tidak mengguyur kaca bagian samping,” lanjut Didi.

Kemudian, talang air pada mobil juga bisa meningkatkan kenyamanan tambahan ketika berkendara.

“Walau terkesan sederhana, jika salah akan merusak fungsi dan lainnya-lainnya. Apalagi di bagian luar yang terkena suhu panas maupun dingin secara langsung,” katanya.

Mengenai harga, dari pantauan Kompas.com di berbagai e-commerce, Rabu (15/11/2023) berada di kisaran Rp 100.000 hingga jutaan rupiah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pentingnya Pasang Talang Air Mobil Saat Musim Hujan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/16/111200915/pentingnya-pasang-talang-air-mobil-saat-musim-hujan?page=all#page2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm