Ilustrasi kaldu ayam 1 liter untuk bumbu dasar masakan berkuah yang gurih.
Ilustrasi kaldu ayam 1 liter untuk bumbu dasar masakan berkuah yang gurih. ( DOK.SHUTTERSTOCK/marco mayer)

Lebih Harum dan Lezat, Berikut Ini 5 Tips Membuat Kaldu

19 November 2023 06:52 WIB

SonoraBangka.id - Kaldu merupakan bahan utama untuk membuat sop atau soto yang terbuat dari daging ayam, daging sapi, atau tulang, ada juga dari sayuran dan seafood. Bahan dasar kaldu yang berbeda memerlukan cara khusus juga pada setiap kaldu, agar menghasilkan kaldu jernih, harum, dan nikmat.

Seperti memperhatikan berbandingan antara cairan dengan daging atau tulang yang akan dimasak. Simak tips membuat kaldu lebih harum dan lezat, dikutip dari majalah "Kulinologi Apr 2012" (2012) karya Kulinologi terbitan PT Media Pangan Indonesia. 

1. Perbandingan cairan dan daging

Menghasilkan kaldu dengan cita rasa yang lezat, gunakan perbandingan 2 : 1 antara cairan dengan daging atau tulang.

2. Cuci daging

Supaya menghasilkan kaldu ayam dan kaldu daging yang jernih, sebaiknya cuci daging atau tulang sampai bersih.  Rebus selama dua menit dengan api kecil.

Buang air rebusan pertama yang mengandung banyak lemak, buih dan kotoran. Ganti dengan cairan baru, rebus lagi dengan api kecil sambil dibuang busa yang terapung.

3. Jernihkan kaldu dengan meat clarifycation

Kaldu untuk membuat sup sejenis consomme soup, setelah kaldu jadi, sebaiknya dijernihkan lagi dengan meat clarifycation (campuran daging cincang 200 gram dengan satu putih telur).

Campur meat clarifycation dalam kaldu dan masak dengan api kecil hingga campuran daging dan telur menggumpal serta kotoran terikat. Angkat dan saring. Kaldu yang dijernihkan dengan meat clarifycation, aromanya lebih harum, rasanya lebih lezat, warna lebih jernih kekuningan dan kaya nilai gizi.

4. Kaldu jernih tidak kehijauan

Kaldu jernih dan tidak kehijauan, gunakan batang bawang dan batang seledri yang berwarna putih. Zat hijau daun (klorofil) pada batang seledri dan daun bawang akan membuat kaldu berwarna kehijauan.

5. Jangan merebus terlalu lama

Jangan merebus kaldu terlalu lama untuk kaldu udang atau ikan. Cita rasa manis khas seafood stock akan hilang. Rebus selama 60 menit, waktu yang maksimal untuk perebusan kaldu ikan atau udang. Jangan lupa menambahkan beberapa potong jahe dan air jeruk nipis untuk menghilangkan aroma amis.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Tips Membuat Kaldu Lebih Harum dan Lezat", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/11/17/070500475/5-tips-membuat-kaldu-lebih-harum-dan-lezat.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm