Ilustrasi ikan teri segar
Ilustrasi ikan teri segar ( Shutterstock/NiAk Stock)

Ada Tomat dan Ikan Teri, Berikut 10 Makanan yang Baik untuk Paru-Paru

19 November 2023 07:11 WIB

SonoraBangka.id -  Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan paru-paru, salah satunya dengan mengonsumsi menu makan yang bergizi tinggi. Selain itu, menghindari paparan asap rokok dan racun lingkungan sekitar juga bisa menjadi cara menghindari penyakit paru-paru.

Dilansir dari laman Healthline dan WebMD, ada beberapa jenis makanan yang bisa kamu konsumsi untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan paru-paru dalam tubuh.

1. Buah bit

Tanaman bit yang berwarna cerah mengandung senyawa yang bisa berfungsi mengoptimalkan paru-paru. Buah bit memiliki kandungan magnesium hingga antioksidan karotenoid yang sangat penting untuk menjaga kesehatan paru-paru.

2. Apel

Sebuah penelitian menunjukkan kalau mengonsumsi apel secara teratur bisa membantu meningkatkan fungsi paru. Mengonsumsi buah apel sebanyak lima atau lebih per minggu bisa menurunkan risiko terkenal PPOK.

3. Kunyit

Kunyit sering digunakan untuk meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Kandungan utama dalam kunyit adalah kurkumin yang mana menjadi komponen aktif untuk meningkatkan fungsi paru-paru. Penelitian terhadap 2.478 orang yang mengonsumsi kunyit secara rutin terbukti memiliki peningkatan fungsi paru.

4. Tomat dan olahannya

Tomat dan produk olahannya merupakan salah satu sumber makanan yang kaya akan likopen dan antioksidan karotenoid. Kandungan tersebut dikaitkan bisa meningkatkan kesehatan paru-paru. Dalam sebuah studi di tahun 2019 pada 105 orang yang mengonsumsi tomat secara rutin bisa mengurangi peradangan saluran napas pada penderita asma.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm