PLN Babel Sukseskan Program BPBL Gratis Untuk 1000 Rumah
PLN Babel Sukseskan Program BPBL Gratis Untuk 1000 Rumah ( Humas PLN Babel)

PLN Babel Sukseskan Program BPBL Gratis Untuk 1000 Rumah

19 November 2023 12:23 WIB

SONORABANGKA.ID - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Wilayah (UIW) Bangka Belitung (Babel) sukses melakukan pemasangan listrik gratis kepada 1000 penerima manfaat melalui program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) gratis di Bangka dan Belitung, Jumat (17/11/2023).

Ahmad Syauki, Vice Presiden Perencanaan Pengembangan Strategi Produk Niaga PLN Pusat, mengatakan program BPBL ini merupakan tahun kedua.

Ia menyebutkan untuk tahun ini kuota BPBL ditetapkan pemerintah sebanyak 125 ribu penerima manfaat tersebar di 32 Provinsi. "Tahun ini 125 ribu tersebar di 32 provinsi dengan daya 900 watt," katanya.

Babel, menurut dia, tahun ini mendapatkan kuota 1000 rumah tangga penerima manfaat tersebar di pulau Belitung dan Pulau Bangka. "Program ini merupakan program Kementerian ESDM melalui Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan yang disupport Komisi 7 DPR RI," ujarnya.

1000 keluarga penerima manfaat program BPBL di Babel di peruntukkan bagi masyarakat kurang mampu yang sudah ditetapkan.

Anggota Komisi 7 DPR RI Asal Babel Bambang Patijaya mengatakan, program BPBL ini untuk seluruh Provinsi di Indonesia dengan kuota 125 ribu penerima manfaat. "Semua instalasi dipasang termasuk bola lampu dan token listrik 100 ribu rupiah gratis," kata Bambang usai peresmian dan penyalaan pertama program BPBL di Desa Kimak Kabupaten Bangka, Jumat (17/11).

Sedangkan untuk Provinsi Babel, diutarakannya sebanyak 1000 penerima manfaat, tersebar di pulau Bangka dan Belitung. "Kalau Belitung sudah terlebih dahulu peresmiannya di Belitung Timur, nah kalau Pulau Bangka, peresmianya di Desa Kimak," tuturnya.

"Di pulau Bangka 714 penerima dan Belitung 286 penerima," ujarnya.

Program ini, menurutnya, guna membantu masyarakat kurang mampu yang belum mendapatkan aliran listrik. "Kita berharap dengan program BPBL ini, masyarakat merasa terbantu khusus di Kabupaten Bangka ini," ujarnya.

General Manager PLN UIW Babel Muhammad Munief mengatakan PLN menjadi pelaksana dari program pemerintah, Kementerian ESDM melalui Direktorat Ketenagalistrikan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm